Comscore Tracker

5 Tips Merawat Kompor Listrik di Rumah, Praktis dan Mudah!

Kompor favorit selain jenis kompor gas, nih

Inovasi teknologi ternyata juga merambah pada urusan dapur, lho. Tak hanya mobil saja yang sudah beralih menjadi tenaga listrik, melainkan juga kompor.

Penggunaan kompor listrik dinilai sangat efisien di masa kini dengan segala kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan. Jika begitu, bagaimana cara merawatnya agar terhindar dari segala kerusakan? Catat dulu cara-caranya!

1. Jangan meletakan benda yang terlampau berat

5 Tips Merawat Kompor Listrik di Rumah, Praktis dan Mudah!homestratosphere.com

Kompor listrik memiliki desain yang minimalis dan mewah dengan penggunaan kaca. Tentu saja alat ini tidak didesain untuk barang-barang dengan ukuran jumbo.

Dikhawatirkan kompor akan sulit dalam menyalurkan api sehingga memuai dan pecah kacanya. Tentu akan sangat membahayakan bila hal tersebut terjadi.

2. Perhatikan kebersihan wajan dan pancimu

5 Tips Merawat Kompor Listrik di Rumah, Praktis dan Mudah!tasteofhome.com

Selain wajan dan panci, mungkin kamu menggunakan jenis alat masak lainnya di rumah. Perlu diketahui bahwa bagian bawah pada alat masak cenderung mudah kotor atau gosong.

Pastikan bahwa milikmu tetap bersih terawat agar justru tak mengotori kompor listrikmu. Dengan begitu, tak akan ada noda permanen pada permukaannya, deh.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Pisau supaya Gak Gampang Tumpul, Sudah Tahu?

3. Hati-hati dengan lelehan gula

5 Tips Merawat Kompor Listrik di Rumah, Praktis dan Mudah!simplyrecipes.com

Kamu mungkin cukup sering dalam mengolah gula menjadi karamel yang manis. Namun, sayangnya lelehan gula memiliki konsistensi yang kental dan justru akan mudah mengering bila didiamkan terlalu lama. Oleh sebab itu, hati-hati bila lelehannya mengenai permukaan kompor karena akan menyebabkan noda yang sulit dihilangkan.

4. Jangan gunakan spons kasar

5 Tips Merawat Kompor Listrik di Rumah, Praktis dan Mudah!homestratosphere.com

Sama halnya dengan jenis kompor lain, kompor listrik juga memerlukan proses pembersihan yang teratur dan telaten. Jangan menggunakan spons kasar karena akan merusak permukaan pada kompor listrik.

Gunakan spons bertekstur lembut bila membersihkannya. Proses pembersihan bisa dilakukan kapanpun, khususnya dengan rutin agar kotoran tak mengerak.

5. Jangan gunakan alat masak kasar

5 Tips Merawat Kompor Listrik di Rumah, Praktis dan Mudah!thriftyfun.com

Meski mungkin hal yang satu ini jarang terjadi, namun tak menjamin tak akan terjadi. Penggunaan alat masak dengan bagian dasar yang kasar juga dapat menjadi ancaman bagi kompor listrikmu. Hindari hal tersebut bila tak ingin permukaan kompor listrikmu menjadi kasar dan tergores.


Merawat kompor listrik tentunya tak selalu sulit bila caranya tepat, tentu saja yang terpenting adalah ketelatenan dan ketepatan dalam membersihkannya. Jangan lupa rutin dibersihkan, ya!

Baca Juga: 7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusak

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya