Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Memasak Sendiri Jauh Lebih Bermanfaat, Jangan Jajan!

#IDNTimesFood Hidup juga jadi lebih sehat lho!

Memasak merupakan aktivitas umum yang banyak dilakukan oleh hampir semua orang. Aktivitas mengolah bahan-bahan makanan ini tentunya menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh orang-orang, tak terbatas kepada gender dan usia.

Memasak di rumah ternyata membawa lebih banyak manfaat bila dibandingkan dengan membeli makanan sendiri. Kamu tentunya dapat memperoleh beberapa manfaat penting ini jika dapat memasak sendiri di rumah.

1. Mudah dalam menyesuaikan dengan selera

5 Alasan Mengapa Memasak Sendiri Jauh Lebih Bermanfaat, Jangan Jajan!ilustrasi memasak (Pexels/August de Richelieu)

Manfaat pertama yang dapat kamu peroleh dari memasak sendiri di rumah adalah kemudahan dalam menyesuaikan dengan selera. Kamu jadi tak perlu bingung dalam memilih menu makanan yang dapat disantap. Tak hanya seleramu saja, melainkan juga selera untuk orang-orang di rumah.

2. Menghemat anggaran bulanan

5 Alasan Mengapa Memasak Sendiri Jauh Lebih Bermanfaat, Jangan Jajan!ilustrasi menghitung uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Setiap bulannya tentu memerlukan anggaran yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah anggaran untuk makan. Dari pada boros menghabiskan uang dengan cara membeli makan di luar, tentunya memasak di rumah akan jauh lebih hemat. Tentu dengan begitu, maka pengeluaran bulananmu pun jadi lebih aman.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Aman untuk Tunanetra, Keselamatan Tetap yang Utama!

3. Tak perlu repot keluar rumah

5 Alasan Mengapa Memasak Sendiri Jauh Lebih Bermanfaat, Jangan Jajan!ilustrasi makanan di meja makan (Pexels/Steyn Viljoen)

Dengan menyediakan makanan sendiri di rumah, maka kamu sudah dapat menghemat energi karena tak perlu repot memesan ke luar. Kadang kala bahkan beberapa restoran yang diinginkan justru tutup sehingga membingungkanmu untuk membeli makanan. Oleh sehah itu, memasak sendiri akan jauh lebih disarankan untuk kamu coba.

4. Kebersihan makanan terjamin

5 Alasan Mengapa Memasak Sendiri Jauh Lebih Bermanfaat, Jangan Jajan!ilustrasi spaghetti (Pexels/Lisa)

Alasan utama menyajikan makanan dengan sehat adalah kebersihannya. Kamu harus memastikan bahwa makanan yang disajikan bersih dan bebas dari bahan-bahan yang tidak tepat. Dengan begitu, maka kamu dapat memperoleh manfaat baik bagi tubuh.

5. Melatih kemampuan memasak

5 Alasan Mengapa Memasak Sendiri Jauh Lebih Bermanfaat, Jangan Jajan!ilustrasi memasak (Pexels/cottonbro)

Manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh adalah kemampuan memasak yang semakin meningkat. Seringnya frekuensi memasak juga membuat kekampuan dalam mengolah bahan-bahan jadi semakin baik. Tentunya kamu dapat mencoba memasak secara rutin di rumah agar semakin lihai lagi di dapur.

Memasak di rumah tentunya menyimpan lebih banyak aspek positif yang dapat diperoleh sehingga dapat kamu coba secara rutin. Makin rajin masak, deh!

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Kehabisan Ide dalam Memasak, Anti Monoton

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya