Comscore Tracker

5 Tips Agar Alpukat Tak Cepat Busuk, Dijamin Selalu Segar!

Alpukat segar tentu saja memiliki cita rasa yang lebih lezat

Alpukat merupakan salah satu buah populer yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Secara karakteristik, alpukat cenderung memiliki bentuk yang agak lonjong dengan warna kulit hijau keunguan. Bagian daging buahnya pun memiliki tekstur sangat lembut dengan warna hijaunya.

Hal inilah yang kemudian membuat alpukat menjadi buah yang mudah membusuk. Kemudian, bagaimana cara meminimalisir kemungkinan alpukat agar tak cepat busuk? Begini caranya!

1. Masukan ke lemari es

5 Tips Agar Alpukat Tak Cepat Busuk, Dijamin Selalu Segar!oliversmarket.com

Cara yang satu ini mungkin menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menjaga kesegaran buah alpukat. Kulkas memang bisa menjadi media dalam penyimpanan buah agar kualitasnya terjaga. Namun, tetap saja jangan terlalu lama menyimpannya, ya.

2. Masukan ke dalam kantong kertas cokelat

5 Tips Agar Alpukat Tak Cepat Busuk, Dijamin Selalu Segar!dailymail.co.uk

Kamu tentu saja mengenal kantong kertas cokelat, bukan? Siapa yang menyangka bahwa kantong tersebut ternyata cukup efektif dalam mematangkan alpukat, lho. Namun, pastikan untuk menyimpannya sesuai durasi agar alpukat tetap segar dan tidak membusuk.

3. Bekukan alpukat

5 Tips Agar Alpukat Tak Cepat Busuk, Dijamin Selalu Segar!bettycrocker.com

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membekukan alpukat. Namun bukan berarti dengan memasukannya secara utuh ke dalam freezer, ya. Kamu dapat menghaluskan bagian daging buahnya dengan menggunakan blender dan menuangkannya pada cetakan es. Nantinya kamu dapat langsung membekukannya.

Baca Juga: 10 Ukiran Unik Alpukat Ini Kece Badai, Tega Dibikin Jus? 

4. Jadikan sebagai bahan dalam adonan kue

5 Tips Agar Alpukat Tak Cepat Busuk, Dijamin Selalu Segar!indaily.com.au

Kamu bisa mencegah alpukat membusuk dengan cara yang tak biasa, yaitu dengan menjadikannya bahan dalam pembuatan kue. Namun, kue ini adalah dairy free cake atau juga disebut sebagai kue tanpa campuran susu dan mentega. Hal ini kemudian membuat kue cenderung lebih basah.

5. Gunakan perasan lemon

5 Tips Agar Alpukat Tak Cepat Busuk, Dijamin Selalu Segar!food.com

Sama seperti buah lainnya yang mudah menghitam apabila terlalu lama terpapar udara luar, maka alpukat pun demikian. Oleh sebab itu, kamu bisa mencegahnya dengan cara mengoleskan sari lemon atau jeruk nipis pada bagian daging buahnya. Ini akan membantu alpukat menjadi lebih segar.

Nah, tentunya tak sulit dalam membuat buah alpukat jadi tidak mudah busuk, bukan? Selain mudah, ternyata juga praktis dan bermanfaat.

Baca Juga: Kaya Lemak Baik dan Antioksidan, Ini 5 Fakta Sehat Minyak Alpukat 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya