Comscore Tracker

5 Tips Hemat saat Gunakan Alat Elektronik di Dapur, Jangan Boros!

Tagihan listrik di rumah pun jadi aman terkendali, deh

Dengan beragam kemudahan yang dimiliki saat ini, teknologi pun sudah mulai merambah hingga area dapur. Ada beragam jenis alat yang menggunakan teknologi untuk menjalankan fungsinya.

Meski terkesan canggih, namun hal ini memengaruhi penggunaan listrik di rumah. Untuk kamu yang penasaran apa saja tips cerdas menggunakan alat elektronik di dapur agar tak boros, berikut lima daftarnya.

1. Memerhatikan penggunaan kulkas

5 Tips Hemat saat Gunakan Alat Elektronik di Dapur, Jangan Boros!nbcnews.com

Kamu perlu memahami beberapa hal yang berkaitan dengan penggunaan kulkas di rumah. Penggunaan yang keliru justru akan membebankan listrik di rumah. Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah bahan makanan yang akan dimasukkan ke dalamnya.

Hindari memasukkan makanan yang masih panas karena akan membuat kulkas harus bekerja ekstra keras. Sementara, menutup dan membuka pintu kulkas dengan sering juga akan membuatnya mudah rusak dan boros listrik.

2. Gunakan dispenser saat dibutuhkan

5 Tips Hemat saat Gunakan Alat Elektronik di Dapur, Jangan Boros!faucetsreviewed.com

Rata-rata banyak orang yang mencolok dispensernya selama 24 jam penuh. Padahal tak setiap waktu mereka berada di rumah ataupun mengonsumsi air putih dengan rutin.

Kamu dapat mengakali caranya dengan hanya mencolokkan dispenser ketika akan digunakan saja. Cabut colokan dispenser saat kamu berada di luar rumah.

3. Minimalisirkan penggunaan blender

5 Tips Hemat saat Gunakan Alat Elektronik di Dapur, Jangan Boros!10bestblenders.com

Blender memang berfungsi untuk menghaluskan bahan-bahan makanan. Namun, kamu dapat memudahkan caranya dan juga menghemat daya listrik dengan cara memotong bahan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil terlebih dahulu sebelum dimasukkan. Cara ini dinilai akan mengurangi beban listrik.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Dapur Kering dan Dapur Basah

4. Menggunakan kompor listrik dengan bijak

5 Tips Hemat saat Gunakan Alat Elektronik di Dapur, Jangan Boros!Pexels.com/Marcus Aurelius

Ada beberapa orang yang lebih memilih kompor listrik sebagai alat untuk memasak, namun tetap saja kompor ini memerlukan daya yang besar. Kamu dapat membantu untuk berhemat daya dengan cara memotong bahan menjadi kecil-kecil pada proses pemasakan. Selain itu, kamu juga bisa menutup kompor dengan tutup panci untuk meratakan kematangan pada masakan.

5. Tidak berlebihan dalam menggunakan oven

5 Tips Hemat saat Gunakan Alat Elektronik di Dapur, Jangan Boros!thekitchn.com

Oven dikenal sebagai alat elektronik untuk memanggang atau memanaskan makanan. Alat ini juga menggunakan listrik untuk meneruskan dayanya. Untuk meminimalisir penggunaan daya listrik secara berlebihan, maka kamu dapat memerhatikan beberapa hal saat akan menggunakan oven.

Hal pertama adalah dengan tidak membuka tutup pintu oven untuk melihat kematangan makanan. Hal kedua adalah dengan tidak menggunakan oven secara terpisah, bila kamu akan memanggang dan memanaskan makanan berbeda.

Nah, aneka tips di atas dapat kamu praktikkan dengan mudah untuk mengurangi beban listrik yang terlampau tinggi bila menggunakannya tanpa perhitungan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 DIY yang Bisa Bikin Dapur Kamu Makin Kece, Bisa Bikin Backsplash!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya