Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Dapur Kering dan Dapur Basah

Jangan sampai tertukar ya perbedaannya

Dapur merupakan salah satu spot yang paling sering digunakan untuk kegiatan memasak. Secara umum, dapur dibedakan menjadi dua yaitu dapur kering dan dapur basah.

Perbedaan keduanya terletak pada fungsi. Dapur kering berfungsi untuk membuat menu ringan dan meletakkan makanan, sementara dapur basah lebih condong ke hal-hal yang berhubungan dengan wastafel atau kompor.

Untuk kamu yang penasaran apa saja hal yang perlu diperhatikan pada saat menata dapur kering dan dapur basah, berikut lima daftarnya. 

1. Gunakan jenis lantai yang berbeda

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Dapur Kering dan Dapur Basahthespruce.com

Ada hal yang perlu kamu perhatikan pada saat menata dapur, yaitu tempat di mana kamu berpijak. Lantai menjadi hal dasar yang menentukan kebersihan dari dapur. Gunakan lantai yang tak mudah licin untuk jenis dapur basah karena dikhawatirkan akan membuat bahaya.

2. Luas dapur

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Dapur Kering dan Dapur Basahhomestolove.co.nz

Antara dapur kering dam dapur basah sudah tentu memerlukan luas dapur yang berbeda antara satu dan lainnya.

Dapur basah secara umum sudah tentu memerlukan tempat yang jauh lebih luas bila dibandingkan dapur kering. Selain agar ruang gerak jadi tak terbatas, namun juga karena memang berisiko menimbulkan cipratan ke sekitar dapur. Sementara, dapur kering yang secara umum hanya untuk membuat kopi atau roti, sudah tentu tak memerlukan ruang lebar. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Gas Elpiji di Dapur Sering Sekali Cepat Habis, Boros!

3. Penyimpanan perabotan

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Dapur Kering dan Dapur Basahporterdavis.com.au

Perabotan merupakan hal yang sudah pasti tersedia di dapur. Pada saat akan menata perabotan, kamu dapat memerhatikan perbedaan antara dapur kering dan dapur basah.

Biasanya, dapur basah memiliki perabotan yang jauh lebih terstruktur dan berjarak dekat-dekat antara satu dan lainnya agar memudahkan pada saat proses memasak. Berbeda halnya dengan dapur kering yang cenderung memiliki ruang yang luas pada saat penyimpanannya. 

4. Selalu letakkan tempat sampah di kedua jenis dapur

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Dapur Kering dan Dapur Basahana-white.com

Meskipun secara umum antara dapur kering dan dapur basah sama-sama terdapat di satu area, namun kedua tempat ini memiliki jarak satu sama lain. Lebih baik untukmu menyediakan tempat sampah di kedua dapur. Namun, untuk dapur basah lebih memerlukan tempat sampah dengan ukuran yang jauh lebih besar. 

5. Posisi dapur basah yang lebih dekat dengan ventilasi udara dan pintu

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Dapur Kering dan Dapur Basahhomebeautiful.com.au

Kamu juga perlu memerhatikan posisi pada saat menata dapur di rumah. Untuk dapur basah biasanya lebih condong diletakan di dekat ventilasi, jendela, atau pintu karena alasan sirkulasi udara yang harus baik, khususnya bila menggunakan tabung gas.

Sebaliknya, dapur kering biasanya lebih condong ke arah dalam dapur karena memang biasa digunakan untuk bersantai. 

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat menata antara dapur kering dan dapur basah. Tak sulit, bukan?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Bahan Dapur Ini Ternyata Dapat Membantu Membersihkan Perabotan Rumah

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya