Comscore Tracker

5 Tips Membedakan Muffin dan Cupcake yang Wajib Kalian Ketahui

Semuanya berbeda dari segi bahan hingga tampilan, lho

Kalian mungkin sudah tak asing lagi dengan muffin dan cupcake, bukan? Kedua olahan ini sering mengecoh banyak orang karena bentuknya yang memang tampak mirip satu sama lain.

Sama-sama disajikan dengan wadah kertas membuat kedua menu ini sulit dibedakan dan sering 'menipu' banyak orang. Padahal, keduanya jelas berbeda, lho.

Lantas, bagaimana cara membedakan muufin dengan cupcake? Berikut lima tips yang wajib kalian ketahui untuk membedakan keduanya. 

1. Penyebutannya berbeda

5 Tips Membedakan Muffin dan Cupcake yang Wajib Kalian Ketahuismittenkitchen.com

Kamu perlu tahu, bahwa muffin dan cupcake memiliki penyebutan yang berbeda antara satu sama lain. Penyebutan ini memang memiliki alasan tersendiri. Cupcake disebut sebagai kue mini, sedangkan muffin disebut sebagai kue kilat karena pembuatannya yang cepat. 

2. Bahan-bahan yang digunakan

5 Tips Membedakan Muffin dan Cupcake yang Wajib Kalian Ketahuithespruceeats.com

Antara muffin dan cupcake memang menggunakan tepung, telur, gula, susu, dan mentega sebagai bahan-bahannya. Namun, penggunaan tepung antara keduanya berbeda.

Muffin lebih umum menggunakan terigu serba guna, sementara cupcake justru menggunakan tepung protein rendah.

Selain itu, muffin juga cenderung menggunakan tepung gandum agar teksturnya lebih padat. Sedangkan cupcake banyak menggunakan mentega agar teksturnya lebih lembut.

Baca Juga: Resep Membuat Muffin Kurma Karamel, Camilan Manis untuk Buka Puasa

3. Proses pembuatannya

5 Tips Membedakan Muffin dan Cupcake yang Wajib Kalian Ketahuisavormania.com

Pada prosesnya memang cupcake memerlukan waktu yang relatif lama bila dibandingkan dengan muffin. Hal ini karena memang adonan tak perlu lembut bila membuat muffin. Sebab yang terpenting adalah bahan kering dan bahan basah tercampur merata.

Tapi hal tersebut tidak berlaku untuk cupckae. Hal ini karena dalam prosesnya, cupckae memerlukan adonan yang lembut.

4. Langkah pemanggangan

5 Tips Membedakan Muffin dan Cupcake yang Wajib Kalian Ketahuistocksy.com

Kedua menu mirip ini memiliki langkah pemanggangan yang berbeda antara satu dan lainnya. Meski secara durasi memang tak begitu berbeda.

Hal ini dikarenakan cupcake memerlukan sekitar 20 hingga 25 menit pemanggangan, sementara muffin maksimal dipanggang selama 30 menit.

5. Cara penyajian

5 Tips Membedakan Muffin dan Cupcake yang Wajib Kalian KetahuiYoutube/Howcast

Antara cupcake dan muffin tentunya memiliki cara penyajian yang jelas berbeda.

Cupcake lebih umum menggunakan frosting buttercream sebagai topping. Sementara, muffin justru dibiarkan polos begitu saja atau hanya diberi tambahan topping sebagai garnish.

Ternyata memang cupcake dan muffin memiliki perbedaan yang jelas terlihat antara satu sama lain, ya. Nah, kalau kalian sendiri lebih menyukai cupcake atau muffin, nih?

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Cupcake yang Lezat dan Menggugah Selera, Tertarik?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya