Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Kimchi Agar Awet dan Tetap Lezat

Pecinta drakor pasti sudah pernah coba kan?

Pacinta drama korea ataupun kpopers sudah tentu tidak akan asing lagi dengan makanan pedas khas Korea yang satu ini. Makanan khas dan tradisional yang biasa disajikan ini memang sudah cukup mendunia berkat kepopuleran Korean wave yang tidak hanya di Indonesia melainkan juga diberbagai penjuru dunia.

Makanan ini justru sering menjadi hidangan wajib pada setiap restoran khas Korea yang ada di Indonesia. Kimchi yang merupakan sejenis asinan hasil fermentasi dengan berbagai komposisi memang terasa sangat pas dinikmati dengan nasi hangat. Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara menyimpan kimchi yang baik dan benar?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara menyimpan kimchi yang benar agar cita rasanya tetap lezat dan tidak mudah busuk, simak yuk apa saja!

1. Gunakan gelas atau toples kaca dengan tutup yang rapat

5 Tips Menyimpan Kimchi Agar Awet dan Tetap Lezatsimple-veganista.com

Ketika kamu membeli kimchi dengan jumlah yang banyak, maka hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesegarannya adalah dengan cara menyimpannya pada wadah yang dapat terbuat dari gelas atau toples dengan tutup yang rapat sehingga dapat menjaga kesegaran dan kelezatan dari kimchi yang dinikmati. Pastikan untuk merebus toples terlebih dahulu agar bersih untuk menyimpan kimchi. Kebersihan wadah kaca menentukan durasi pengawetannya.

2. Gunakan lemari pendingin

5 Tips Menyimpan Kimchi Agar Awet dan Tetap Lezatreddit.com

Lemari pendingin menjadi salah satu cara ampuh untuk menyimpan dan mengawetkan kimchi, yaitu dengan cara menyimpannya dalam lemari pendingin. Durasi penyimpanannya jika disimpan didalam lemari pendingin dapat awet hingga 1-3 bulan sehingga dirasa cukup efektif. Namun, semakin lama menyimpannya maka akan semakin asam karena kimchi merupakan produk fermentasi.

Baca Juga: 8 Olahan Menu Rumahan Berbahan Dasar Kimchi, Serasa Makan di Korea!

3. Menyimpan di suhu ruang

5 Tips Menyimpan Kimchi Agar Awet dan Tetap Lezatthetakeout.com

Apabila kita tidak memiliki lemari pendingin, kita tetap bisa menyimpan kimchi pada suhu ruang meski durasi pengawetannya tentu akan lebih singkat jika dibandingkan dengan lemari pendingin. Kimchi yang disimpan pada suhu ruang hanya akan bertahan rata-rata 3-5 hari, maka pastikan untuk tidak menyimpannya lebih dari durasi waktu tersebut.

4. Gunakan sendok atau sumpit bersih setiap ingin mengambil kimchi

5 Tips Menyimpan Kimchi Agar Awet dan Tetap Lezatsbs.com.au

Jika kamu ingin menikmati kimchi yang baru saja kamu beli, pastikan untuk menggunakan sendok atau sumpit yang bersih saat akan menyendoknya. Jangan gunakan sendok atau sumpit bekas yang telah kita gunakan karena ditakutkan akan menurunkan kualitas dan kesegaran dari kimchi. Pastikan untuk tetap menjaga kesegarannya dengan cara mengganti sendok atau sumpit yang bersih setiap ingin mencicipinya sehingga kualitas tentu saja akan tetap terjaga.

5. Rajinlah dalam mengecek rasa dan kesegaran dari kimchi

5 Tips Menyimpan Kimchi Agar Awet dan Tetap Lezatzerowastechef.com

Pastikan untuk selalu mengecek kesegaran dan rasa dari kimchi agar kita tidak salah dalam mengonsumsinya. Meski beberapa orang mengetakan bahwa kimchi tidak dapat basi, namun perlu dipahami bahwa tidak semua kimchi tidak dapat basi karena tergantung kepada komposisi yang digunakan. Pastikan untuk sering mengecek kesegaran dan rasa dari kimchi agar tetap aman untuk dikonsumsi.

Nah, 5 tips menyimpan kimchi diatas dapat menjadi informasi bagi kamu untuk menyimpan kimchi yang baik agar tetap lezat dan baik untuk dikonsumsi. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 7 Manfaat Kimchi Bagi Tubuh, Dipercaya Bisa Bikin Kulit Mulus Lho

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You