Comscore Tracker

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali, Bisa Beracun! 

Pastikan bahan makanan ini langsung sekali habis, ya

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali olahan rumahan yang kita konsumsi dan menjadi makanan sehari-hari. Pada umumnya kita terbiasa untuk memanaskan bahan makanan atau olahan sisa yang tidak habis untuk kembali dikonsumsi. Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua bahan makanan dapat dengan mudah kamu konsumsi secara aman sebab beberapa di antaranya justru berbahaya atau bahkan dapat mengandung racun bila dipanaskan. 

Apabila kamu biasa memasak makanan-makanan ini, usahakan untuk menghabiskannya dalam satu waktu ya dan jangan dipanaskan kembali. Simak yuk daftarnya! 

1. Bayam

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali, Bisa Beracun! Unsplash/Amanda Frank

Makanan sehat ala serial kartun Popeye ini memang bukan isapan jempol lagi ya bahwa memiliki kandungan sehat yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan kandungan gizi dan vitamin yang banyak terdapat di dalamnya pun membuat bayam menjadi salah satu jenis sayuran yang umum dikonsumsi oleh kita. Namun, jangan sekali-kali mencoba untuk memanaskan bayam yang tidak habis ya. Hal ini karena akan membuat bayam justru menjadi beracun dan berbahaya bila dikonsumsi. Habiskan selagi hangat dalam satu waktu.  

2. Jamur

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali, Bisa Beracun! Unsplash/Harshal S. Hirve

Salah satu bahan makanan yang cukup populer untuk dikonsumsi menjadi berbagai olahan ini ternyata sangat pantang untuk dipanaskan kembali, ya. Tidak hanya karena jamur berisiko terdapat banyak mikroorganisme bila dipanaskan, namun juga akan membuat senyawa jahat terkandung di dalamnya dan justru dapat menghilangkan protein pada jamur. Tentunya akan lebih baik bila mengonsumsi jamur sekali makan, ya. 

3. Kentang

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali, Bisa Beracun! Unsplash/Hai Nguyen

Salah satu jenis bahan makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti karbohidrat ini juga jangan sampai kamu panaskan kembali, ya. Tidak hanya karena akan memberikan dampak buruk yang membuatnya rentan terkena mikroorganisme bila terlalu lama dibiarkan setelah dipanaskan kembali, namun juga berisiko membuatmu mengalami masalah pencernaan akibat senyawa racun di dalamnya. Jadi, jangan sekali-kali memanaskan kentang, ya. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!

4. Makanan bersantan

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali, Bisa Beracun! Unsplash/chuttersnap

Memang benar bila masyarakat Indonesia sulit lelas dengan makanan yang bersantan. Terkadang makanan bersantan ini lah yang justru mampu memancing nafsu makan untuk terus mengonsumsinya lagi dan lagi.

Namun, di balik cita rasanya yang luar biasa, jangan sekali-kali kamu mencoba memanaskan makanan santan kembali, ya. Makanan santan yang pada dasarnya sudah berlemak, justru akan berubah menjadi lemak jahat bila kembali dipanaskan. Tentunya ini akan sangat tidak sehat bila dikonsumsi. Namun, tetap batasi konsumsi olahan yang bersantan atau pun berlemak, ya. 

5. Nasi

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali, Bisa Beracun! Unsplash/Pille-Riin Priske

Sebagian dari kita mungkin cukup terkejut karena menemukan nasi sebagai salah satu bahan makanan yang sebaiknya tidak kamu panaskan kembali. Memang biasanya kita akan memanaskan kembali nasi yang tidak habis untuk kembali dikonsumsi. Padahal, apabila nasi yang dipanaskan kembali tersebut kemudian dibiarkan terlalu lama dengan penyimpanan yang salah, maka justru akan berpotensi menjadi racun.

6. Telur

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali, Bisa Beracun! Unsplash/Sarah Boudreau

Bahan makanan yang praktis dan mudah ini tentu saja pada umumnya akan dihabiskan dalam satu waktu, ya. Sama seperti bahan-bahan makanan sebelumnya, hindari memanaskan kembali telur yang tidak habis dimakan. Telur yang kaya akan protein justru akan kehilangan nutrisi baiknya bila dipanaskan kembali. Tak sampai di situ, telur yang dipanaskan kembali dan dibiarkan terlalu lama juga akan membuat mikroorganisme mudah berkembang biak.  

Nah, beberapa bahan makanan di atas sebaiknya patut kamu hindari guna menjaga kesehatan diri dan kesegaran nutrisi yang akan kita konsumsi. Jangan asal dipanaskan kembali, ya! 

Baca Juga: Jangan Sampai Kecolongan, Ini 10 Makanan yang Berbahaya bagi Kucingmu!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya