Comscore Tracker

Bikin Gak Ragu, 5 Manfaat Ubi Ungu Ini Luar Biasa Loh

Ternyata bukan cuma warnanya aja yang cantik ya

Ubi ungu yang merupakan salah satu varian spesies dari ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada banyak sekali pengolahan yang menggunakan bahan satu ini. Aspek utama yang diambil dari ubi ungu adalah akarnya, namun berbagai bahian dari tumbuhan ini memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Ubi ungu ataupun ubi jalar sangat terkenal akan kandungan karbohidrat nya yang tinggi sehingga beberapa negara bahkan mengonsumsinya sebagai makanan pokok.

Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat yang didapat dari mengonsumsi ubi ungu, simak yuk apa saja!

1. Cocok untuk diet

Bikin Gak Ragu, 5 Manfaat Ubi Ungu Ini Luar Biasa Lohonegreenplanet.org

Banyak sekali orang yang menghindari nasi pada saat diet, tetapi hal ini dapat disiasati dengan mengonsumsi ubi ungu sebagai penggantinya. Ubi ungu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi bahkan melebihi kandungan serat didalam kentang sehingga akan menjaga rasa kenyang setelah mengonsumsinya. Selain itu, kandungan karbohidrat yang kompleks, namun rendah kalori tetap memberikan nutrisi yang tinggi bagi siapapun yang mengonsumsinya.

2. Cocok untuk penderita diabetes

Bikin Gak Ragu, 5 Manfaat Ubi Ungu Ini Luar Biasa Lohmindovermunch.com

Ubi ungu ternyata memiliki manfaat luar biasa karena dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh dan menstabilkan kadar glukosa didalam darah. Manfaat ini didapatkan karena ubi ungu memiliki kandungan senyawa anthocyanin yang membantu menekan kadar gula sekaligus sebagai antioksidan. Tentunya kandungan dari ubi ungu ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Mencegah penuaan dini

Bikin Gak Ragu, 5 Manfaat Ubi Ungu Ini Luar Biasa Lohparade.com

Untuk manfaat dalam aspek kecantikan, kita dapat mendapatkan manfaat untuk tampil lebih awet muda dan terhindari dari penuaan dini melalui kandungan yang terdapat didalam ubi ungu. Kandungan antosianin mampu memperlambat sel-sel penuaan dan kandungan antioksidannya mampu mencegah penuaan dini pada seseorang sehingga cocok untuk kecantikan.

Baca Juga: Murah Meriah, Ini 6 Khasiat Menakjubkan Ubi Jalar untuk Kesehatan

4. Mengobati infeksi

Bikin Gak Ragu, 5 Manfaat Ubi Ungu Ini Luar Biasa Lohfoodandwine.com

Seseorang rentan terkena infeksi karena suatu bakteri sehingga ubi ungu dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai penawarnya. Ada beberapa kandungan khusus didalam ubi ungu yang bermanfaat bagi proses pencegahan infeksi sehingga mampu untuk menghindari hal tersebut. Kandungan ini lah yang sangat bermanfaat bagi seseorang.

5. Mencegah proses pembekuan darah

Bikin Gak Ragu, 5 Manfaat Ubi Ungu Ini Luar Biasa Lohcreativeinmykitchen.com

Pembukuan darah merupakan sesuatu yang berbahaya apabila terjadi pada seseorang sehingga hal ini dapat dicegah melalui konsumsi ubi ungu secara teratur. Hal ini karena terdapat kandungan baik seperti asam klorogenik yang membantu untuk menghindari proses pembekuan darah. Tentunya ubi ungu dapat menjadu salah satu obat alternatif yang alami dan lezat.

Nah, 5 manfaat diatas dapat kita dapatkan jika mengonsumsi ubi ungu secara rutin dengan porsi yang normal. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Resep Kue Berbahan Ubi Ungu Ini Bisa Dibuat Tanpa Perlu Oven Lho!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya