Comscore Tracker

Selain Dimakan Langsung, Jeruk Bali Bisa Dibikin 5 Olahan Lezat Ini

Jangan sampe ngiler ya!

Jeruk bali merupakan sejenis buah yang seringkali tumbuh dipekarangan rumah dengan keunikan tersendiri. Tumbuhan ini memang sejenis dengan jeruk tetapi menghasilkan buah dengan ukuran yang lebih besar dari jeruk pada umumnya.

Masyarakat lebih mengenalnya sebagai jeruk bali atau jeruk besar. Tetapi Departemen Pertanian mulai mengenalkannya sebagai Pomelo, karena jeruk ini pada hakikatnya tidak memiliki keterkaitan apa pun dengan Bali sehingga dirasa kurang pas menggunakan nama jeruk bali.

Selain lezat dikonsumsi langsung, jeruk bali juga bisa diolah menjadi 5 hidangan lezat ini lho.

1. Pomelo fruit smoothie

Selain Dimakan Langsung, Jeruk Bali Bisa Dibikin 5 Olahan Lezat Inilittlenomster.com

Jeruk bali selain sangat cocok dijadikan camilan dengan mengonsumsi nya secara langsung, tetapi juga bisa diolah menjadi minuman segar nan nikmat dengan menjadikannya smoothie segar.

Karena pada setiap buah jeruk bali memiliki perbedaan warna tersendiri, tentunya saat mengolah menjadi smoothie juga akan mengikuti warna natural dari buah tersebut. Dengan warna yang cerah dan menarik, rasa yang unik dan segar, siapa pun akan setuju untuk mencicipinya lagi dan lagi.

2. Vietnamese pomelo salad

Selain Dimakan Langsung, Jeruk Bali Bisa Dibikin 5 Olahan Lezat Ininpfamilyrecipes.com

Salad unik dari Vietnam ini tidak hanya memiliki komposisi dan cita rasa unik di dalamnya, melainkan juga memiliki cara penyajian yang unik dengan menggunakan cangkang dari buah jeruk bali itu sendiri sehingga memiliki penampilan yang cukup menarik.

Selain itu, jika kita telisik di dalamnya terdapat banyak campuran komposisi bahan seperti udang, daging yang dapat disesuaikan dengan selera, dan tentunya jeruk bali. Jangan lupa dengan berbagai bumbu dasar lainnya yang semakin menambah cita rasa salad yang satu ini.

Baca Juga: Manis Asam, Ini 10 Fakta Jeruk Kino Pakistan yang Kian Digemari

3. Ginger miso chicken on a pomelo salad

Selain Dimakan Langsung, Jeruk Bali Bisa Dibikin 5 Olahan Lezat Inidelectabilia.com

Meski memiliki nama yang mengandung kata salad, tetapi faktanya komposisi di dalam hidangan ini cukup kompleks untuk hanya sekadar sebagai salad biasa. Karena di dalamnya terdapat banyak komposisi seperti dada ayam, jeruk bali tentunya, miso merah, sake, jahe, kecap, kacang polong. Bahkan bawang goreng sebagai topping menarik di atasnya. Urusan rasa tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

4. Hazelnut pomelo carrot cake with whipped mascarpone

Selain Dimakan Langsung, Jeruk Bali Bisa Dibikin 5 Olahan Lezat Inidearsaturdays.com

Selain untuk salad dan minuman segar ternyata jeruk bali juga bisa disulap menjadi kue cantik dan lezat yang memiliki cita rasa luar biasa didalamnya. Hidangan ini memiliki perpaduan spesial berbagai jenis bahan seperti jeruk bali, wortel, hazelnut, hingga menggunakan whiped mascarpone.

Tentunya dengan komposisi yang luar biasa ditambah dengan cita rasa yang lezat siapa pun akan setuju bila hidangan ini wajib untuk menjadi kegemaran semua orang.

5. Candied pomelo rind

Selain Dimakan Langsung, Jeruk Bali Bisa Dibikin 5 Olahan Lezat Initopsimages.com

Manisan jeruk bali tentunya bisa menjadi salah satu olahan wajib untuk dicicipi ya karena keunikan cita rasa tersendiri. Hidangan ini memang memiliki persamaan untuk proses pengolahannya dan memiliki konsistensi serta rasa tersendiri yang membedakannya dengan menu manisan lainnya. Tentunya sangat pas untuk dinikmati bersama keluarga atau sebagai camilan saja.

Nah, 5 olahan dari jeruk bali di atas menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin menikmati jeruk bali dengan cara yang berbeda dan tentunya tidak hanya dimakan secara langsung. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Hidangan Lezat Olahan Asparagus Ini Wajib Dicoba

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You