Comscore Tracker

Resep Bola-bola Nasi Isi Keju, Tekstur Lembut dengan Isian Cheesy

Kejunya serasa lumer di mulut

Nasi merupakan jenis makanan pokok yang banyak disantap oleh mayoritas orang Indonesia. Selain mengenyangkan, nasi juga bisa dijadikan pilihan yang cocok untuk dipadukan dengan aneka lauk.

Namun, pada menu ini justru nasi disajikan berbeda karena dibentuk layaknya bola dengan isian keju. Seperti apa cara membuatnya? Yuk, cari tahu.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Bola-bola Nasi Isi Keju, Tekstur Lembut dengan Isian Cheesykitchensanctuary.com

Bahan-bahan:

  • Minyak sayur untuk menggoreng
  • Tepung terigu
  • Garam dan lada secukupnya
  • 2 butir telur
  • Tepung panir
  • 2 wadah nasi yang sudah matang
  • 1 wadah keju gruyere parut
  • 1 wadah berisi daging atau ham yang dipotong

2. Memanaskan wajan

Resep Bola-bola Nasi Isi Keju, Tekstur Lembut dengan Isian Cheesyseriouseats.com

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah memanaskan wajan berisi minyak sayur terlebih dahulu. Gunakan api sedang dan biarkan hingga panas minyak mencapai 176 derajat celsius. Suhu tersebut sangat pas bila digunakan untuk menggoreng bola-bola nasi nantinya.

Baca Juga: Resep Bola-bola Mi Sosis untuk Camilan, Begini Cara Membuatnya

3. Mempersiapkan bahan-bahan celupan

Resep Bola-bola Nasi Isi Keju, Tekstur Lembut dengan Isian Cheesythespruceeats.com

Membuat menu ini juga membutuhkan bahan-bahan yang tak kalah penting, salah satunya adalah bahan celupan. Oleh sebab itu, pecahkan telur dan kocoklah. Tuangkan juga tepung yang telah ditaburi garam dan lada, serta tepung panir di mangkuk yang berbeda-beda.

4. Membentuk bola-bola nasi keju

Resep Bola-bola Nasi Isi Keju, Tekstur Lembut dengan Isian Cheesymasandpas.com

Tentu saja langkah selanjutnya adalah mengolah nasi yang merupakan bahan utama dalam menu ini. Caranya adalah mengambil beberapa nasi, lalu isi dengan keju dan potongan daging.

Setelah itu, bentuklah layaknya bola-bola. Ulangi cara tersebut sampai nasi habis. Jika sudah, celupkan semua bola-bola nasi pada tepung, telur, dan tepung panir.

5. Menggoreng bola-bola nasi

Resep Bola-bola Nasi Isi Keju, Tekstur Lembut dengan Isian Cheesygreatitalianchefs.com

Wajan yang telah dipanaskan pun sudah siap untuk digunakam menggoreng bola-bola nasi. Caranya adalah dengan memasukan bola-bola nasi ke dalam minyak panas. Proses penggorengannya hanya 3 menit saja. Biarkan hingga berwarna kecokelatan, lalu angkat dan sisihkan. Bola-bola nasi keju pun bisa langsung kamu sajikan selagi hangat.

 

Tentunya membuat bola-bola nasi ternyata sangat mudah untuk dilakukan sekaligus tak membutuhkan banyak bahan. Berminat membuatnya?

Baca Juga: Resep Tumis Bola Daging Teriyaki yang Lezat Banget, Dijamin Nambah!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya