Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Makanan saat Tak Ada Kulkas, Gampang!

Makanan jadi awet dan gak takut rusak, deh

Kulkas memang saat ini menjadi alat elektronik penting yang harus dimiliki di setiap rumah. Fungsinya yang memang penting untuk menyimpan makanan agar awet, membuat alat ini seakan wajib ada. Lalu, bagaimana caranya menyimpan makanan yang tepat bila justru tak memiliki kulkas di rumah? 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tipsnya, berikut lima daftarnya. 

1. Merebus bahan makanan yang mudah rusak

5 Tips Menyimpan Makanan saat Tak Ada Kulkas, Gampang!simplyrecipes.com

Beberapa bahan makanan seperti sayuran memang masuk ke dalam daftar yang mudah rusak. Oleh sebab itu, cara pengawetannya adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Namun, untuk beberapa jenis bahan makanan seperti brokoli atau kol dapat kamu rendam di dalam air garam terlebih dahulu sebelum direbus. Tentunya lebih awet. 

2. Merendam tahu di air garam

5 Tips Menyimpan Makanan saat Tak Ada Kulkas, Gampang!seriouseats.com

Bila memang biasanya tahu menjadi salah satu bahan makanan yang tak awet dalam jangka waktu yang lama, maka untuk cara yang satu ini berbeda. Kamu dapat menuangkan air matang yang telah ditaburi oleh garam. Selanjutnya, rendam tahu beberapa waktu. Setelah itu, kamu dapat menyimpan tahu di dalam wadah kedap udara yang telah diberi air di dalamnya. Tahu biasanya akan dapat lebih awet selama lima hari.  

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basi

3. Mengeringkan bahan makanan

5 Tips Menyimpan Makanan saat Tak Ada Kulkas, Gampang!candyfreaks.com

Mungkin memang sedikit terdengar aneh karena harus mengeringkan bahan olahan layaknya ikan. Namun, cara ini dapat kamu lakukan untuk bahan-bahan makanan seperti buah-buahan atau pun bumbu dapur. Cara ini dapat membuat bahan makanan lebih awet beberapa bulan.

4. Meletakkan sayuran pada wadah air

5 Tips Menyimpan Makanan saat Tak Ada Kulkas, Gampang!gardeningknowhow.com

Tentunya kamu tidak mau bukan bila harus mengolah sayuran yang sudah layu? Untuk menyiasati agar sayuran tak mudah layu, maka kamu dapat menyiapkan wadah berisi air. Letakan sayuran dengan bagian akar yang dicelupkan ke dalam air. Cara ini akan membantu sayuran untuk lebih segar dan awet. 

5. Beberapa bahan dapat bertahan di ruang terbuka

5 Tips Menyimpan Makanan saat Tak Ada Kulkas, Gampang!potatopro.com

Beberapa bahan juga ada yang tak memerlukan perlakuan khusus agar lebih awet. Salah satunya adalah kentang, wortel, atau aneka bawang-bawangan. Biasanya yang seperti ini hanya memerlukan wadah yang kering dan tidak tertutup agar lebih awet. 

Nah, itu lah beberapa tips menyimpan bahan makanan agar awet dan tak mudah rusak. Catat, ya! 

Baca Juga: 5 Langkah Meal Preparation, Mulai Belanja Hingga Menyimpan Makanan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya