Comscore Tracker

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Konsumsi Jengkol, Ampuh!

Jadi gak perlu khawatir bau mulut lagi, deh

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki aroma kuat atau bahkan dinilai sebagai makanan beraroma tak sedap. Meski begitu, cita rasa jengkol sangat digemari, apalagi bila dipadukan dengan aneka menu lezat.

Tentunya banyak orang yang khawatir karena bau mulut apabila mengonsumsi jengkol. Oleh sebab itu,  kamu harus tahu tips menghilangkan aroma tak sedapnya. 

1. Mengunyam garam

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Konsumsi Jengkol, Ampuh!essencenutritionmiami.com

Mungkin sedikit aneh, namun tak ada salahnya mencoba cara yang satu ini. Kamu dapat mencoba mengunyah garam untuk menghilangkan aroma tak sedapnya. Alasannya adalah garam dapat memproduksi banyak air liur sehingga dapat menetralisir aroma tak sedap pada jengkol. 

2. Mengunyah permen karet

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Konsumsi Jengkol, Ampuh!gfuel.com

Bila kamu punya permen karet yang tersisa di rumah, maka kamu dapat mencicipinya selepas makan jengkol. Permen karet tak hanya dapat meningkatkan produksi air liur, namun juga dapat memberikan aroma harum pada mulut. Selain itu, kamu dapat menjadikan permen karet sebagai pencuci mulut agar tak ada kotoran yang menempel. 

3. Mengonsumsi susu

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Konsumsi Jengkol, Ampuh!Pexels/Fa Romero Photography

Sudah bukan rahasia umum bila memang banyak yang mengonsumsi susu untuk menghilangkan aroma tak sedap pada mulut, termasuk untuk urusan aroma karena bau jengkol. Susu dapat berperan penting untuk menetralkan aroma tak sedap pada mulut. Cukup dengan segelas susu,  maka bebas dari bau mulut. 

Baca Juga: 8 Tips Memasak Jengkol, Empuk Nikmat dan Tak Berbau

4. Menyikat gigi

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Konsumsi Jengkol, Ampuh!thestar.com.my

Apapun makanan yang dikonsumsi, maka jangan lupa untuk rutin menyikat gigi. Hal ini akan membantu menghilangkan aroma tak sedap pada mulut. Selain itu, menyikat gigi juga akan menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada sela-sela gigi. 

5. Meminum minuman bersoda

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Konsumsi Jengkol, Ampuh!marketwatch.com

Cara yang satu ini bersifat opsional meskipun memang tidak disarankan untuk dilakukan. Konon soda memiliki aromanya tersendiri yang dapat membantu meneralisir aroma tak sedap akibat jengkol. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih minuman bersoda untuk dikonsumsi.

Nah, aneka tips di atas semoga dapat membantumu dalam mencari cara agar mulut tak bau lagi selepas mengonsumsi jengkol. Mana yang menjadi pilihanmu? 

Baca Juga: 8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empuk

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya