Comscore Tracker

Tetap Awet, 5 Tips Menyimpan Kaldu yang Tepat dan Aman

Kesegaran cita rasa dan keawetannya tetap terjaga 

Kaldu merupakan salah satu jenis bahan makanan atau rempah yang biasa digunakan untuk segala jenis olahan, salah satunya adalah sup. Kaldu berperan dalam memberikan cita rasa pada menu masakan yang ada sehingga terasa sangat memanjakan lidah.

Ada beragam bahan yang dapat diolah menjadi kaldu, namun saat ini sudah cukup banyak kaldu instan yang dapat dibeli di swalayan atau pasar tradisional. Namun, hal yang terpenting adalah bagaimana cara dalam menyimpannya agar tetap aman. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam menyimpan kaldu, berikut lima daftarnya. 

1. Turunkan suhu kaldu 

Tetap Awet, 5 Tips Menyimpan Kaldu yang Tepat dan Amaninspiredtaste.net

Apabila kamu membuat kaldu sendiri di rumah, akan lebih baik untukmu dalam menurunkan suhu dari kaldu terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar kaldu yang ada akan memiliki cita rasa maksimal dan keawetan yang lebih lama. Selain itu, meletakan kaldu bersuhu tinggi langsung di dalam kulkas akan merusak kulkas. 

2. Menentukan wadah yang tepat

Tetap Awet, 5 Tips Menyimpan Kaldu yang Tepat dan Amankeviniscooking.com

Tak lengkap bila tak menentukan wadah yang tepat untuk menyimpan kaldu. Ada dua opsi tempat yang dapat dipilih, yaitu plastik ziploc atau pun toples bening. Pastikan keduanya sudah bersih dan sisakan ruang beberapa sentimeter agar kaldu yang disimpan memiliki ruang untuk mengembang. 

Baca Juga: 5 Jenis Kaldu yang Biasa Digunakan untuk Memasak, Mana Andalanmu?

3. Menyimpan di dalam kulkas

Tetap Awet, 5 Tips Menyimpan Kaldu yang Tepat dan Amanpamelasalzman.com

Cara terbaik dalam menyimpan makanan adalah dengan meletakannya di dalam kulkas. Selain itu, memang kaldu yang diletakkan di dalam kulkas mampu bertahan selama 4-5 hari di dalam wadah yang tepat dan kedap udara. Namun, tetap pastikan bahwa kaldu yang dimasukkan telah bersuhu rendah. 

4. Memberi tanggal produksi

Tetap Awet, 5 Tips Menyimpan Kaldu yang Tepat dan Amanscottscompostpile.com

Hal ini berlaku untuk kaldu instan atau pun kaldu buatan sendiri yang biasa diletakkan pada wadah khusus. Pastikan untuk mencatat tanggalnya dan menempelkannya pada wadah. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengetahui kira-kira sampai kapan kaldu yang disimpan dapat awet dan aman untuk dikonsumsi. 

5. Simpan di freezer untuk keawetan yang lebih lama

Tetap Awet, 5 Tips Menyimpan Kaldu yang Tepat dan Amanfrugalnutrition.com

Bila kamu ingin durasi yang lebih panjang untuk menyimpan kaldu, maka gunakanlah freezer. Kamu dapat menyimpan kaldu pada plastik ziploc, toples kaca, atau pun dengan menggunakan cetakan batu es. Kaldu alami akan mampu bertahan hingga 4-6 bulan untuk yang disimpan pada plastik ziploc dan toples kaca. 

Nah, beberapa tips dalam menyimpan kaldu di atas dapat menjadi informasi untukmu agar tak bingung lagi. Praktikan di rumah, yuk!

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kaldu Pakai Magic Com, Gak Khawatir Gas Cepat Habis!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya