Comscore Tracker

5 Cara Menyimpan Rendang Agar Awet Sampai Minggu Depan

Biar gak gampang basi

Rendang, makanan khas Minangkabau ini memang menggunakan teknik memasak yang dipanaskan secara berulang hingga kuahnya mengering. Menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengolahnya, tentu saja rendang memiliki konsistensi yang lembut. Di balik cita rasanya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara menyimpan rendang yang benar?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara menyimpan rendang yang benar saat lebaran agar tidak mudah basi, simak yuk apa saja!

1. Menyimpan di wadah dengan suhu ruang

5 Cara Menyimpan Rendang Agar Awet Sampai Minggu Depansbs.com.au

Beberapa orang yang mengeluhkan tidak ada lemari pendingin tentunya tidak perlu khawatir karena rendang dapat diletakkan pada suhu ruang, namun dengan catatan hanya dapat bertahan selama 3-4 hari saja. Beberapa di antaranya bahkan bisa bertahan hingga seminggu jika dimasak hingga benar-benar kering.

2. Gunakan wadah bertutup rapat apabila rendang diletakan dalam lemari es, bukan freezer

5 Cara Menyimpan Rendang Agar Awet Sampai Minggu Depantokopedia.com

Pastikan untuk menggunakan wadah dengan penutup yang rapat saat menyimpan rendang di dalam lemari es, bukan freezer, hal ini untuk menghindari percampuran aroma dari rendang ke makanan lain, maupun dari makanan lain ke rendang sehingga aroma dan cita rasanya tetap mampu terjaga secara penuh.

3. Pilihlah rendang kering untuk durasi konsumsi yang lebih lama

5 Cara Menyimpan Rendang Agar Awet Sampai Minggu Depanbbc.com

Rendang memang memiliki dua jenis, yaitu rendang basah dan rendang kering. Sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan dari cita rasa antara rendang basah maupun rendang kering, namun umumnya rendang kering akan cenderung lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan rendang basah sehingga hal ini dapat menjadi alternatif bagi kamu untuk menyimpannya sebagai stok makanan.

Baca Juga: 5 Fakta Rendang Khas Minangkabau yang Harus Kamu Tahu

4. Gunakan freezer untuk penyimpanan lebih lama

5 Cara Menyimpan Rendang Agar Awet Sampai Minggu Depanbukalapak.com

Berbeda dengan hanya meletakannya di lemari es seperti poin sebelumnya, peletakan di freezer cenderung untuk penyimpanan yang lebih lama. Sementara penyimpanan di dalam lemari es saja untuk rendang yang akan kamu konsumsi dalam beberapa hari ke depan. Hal ini karena rendang yang disimpan di freezer akan tahan hingga berminggu-minggu.

5. Tidak memasukan rendang panas atau hangat di wadah tertutup

5 Cara Menyimpan Rendang Agar Awet Sampai Minggu Depaninstaghub.com

Sebelum menyimpan rendang, pastikan untuk meletakan ke dalam wadah setelah rendang sudah benar-benar dingin. Hindari menyimpan saat rendang masih hangat maupun panas karena akan cenderung mudah basi dan tentunya menurunkan kualitas baik dari rendang tersebut untuk dikonsumsi.

Buat kamu yang punya menu rendang saat Lebaran nanti dan memasaknya dalam jumlah banyak, gak perlu khawatir menyimpannya. Kamu bisa menggunakan cara menyimpan rendang agar tetap awet di atas ya!

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Rendang & Nasi Bakar Ayam Kemangi, Sedap Abis!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa. Mari terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You