Comscore Tracker

5 Rekomendasi Tisane Harum dan Sedap, Cocok Diminum Saat Hujan

Cocok dinikmati untuk menghangatkan diri

Intensitas hujan yang tinggi disertai penurunan suhu di malam hari pada musim penghujan berpotensi mengganggu kondisi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, pada musim ini pemilihan jenis makanan dan minuman menjadi penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari penyakit, seperti flu dan radang tenggorokan. Makanan dan minuman yang menghangatkan tubuh lebih cocok dikonsumsi pada masa ini, seperti sup dan teh yang umum disajikan dalam kondisi panas atau hangat.

Saat ini jenis minuman yang berasal dari bermacam-macam daun, bunga, ataupun akar telah banyak dikembangkan. Minuman yang memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan dasarnya disebut sebagai tisane. Berbeda dengan teh yang berasal dari tumbuhan Camelia sinensis, tisane atau dapat disebut sebagai teh herbal berasal dari jenis-jenis tumbuhan lain. Apa saja ya jenis-jenisnya? Yuk, kita simak 5 jenis tisane yang cocok diminum saat hujan.

1. Chamomile dan peppermint

5 Rekomendasi Tisane Harum dan Sedap, Cocok Diminum Saat Hujanilustrasi tisane (unsplash.com/teacreative)

Chamomile tea sudah tidak asing lagi bagi para pecinta teh, terutama karena manfaatnya yang dapat memperbaiki kualitas tidur. Akan tetapi, kombinasi antara bunga chamomile dan daun peppermint ternyata menciptakan perpaduan rasa lembut yang menyegarkan. Aroma chamomile yang lembut dan menenangkan ditambah rasa peppermint yang sedikit pedas dapat membantu menghangatkan tubuh dan membuat cepat terlelap. Bukan hanya itu, perpaduan ini tentunya memberikan banyak manfaat, seperti mengatasi kondisi stress serta membantu meringankan gejala flu.

2. Lavender

5 Rekomendasi Tisane Harum dan Sedap, Cocok Diminum Saat Hujanilustrasi lavender (unsplash.com/daiga_ellaby)

Selain chamomile, bunga lavender diketahui memiliki manfaat yang dapat meningkatkan mood dan mengatasi sulit tidur. Bunga lavender juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit serta kondisi imun tubuh. Tisane yang berasal dari bunga lavender memiliki rasa yang mirip dengan teh hijau dengan sedikit hint aroma bunga yang menyegarkan. Minuman ini memiliki aroma kuat yang khas, tetapi juga menenangkan.

3. Rosebud

5 Rekomendasi Tisane Harum dan Sedap, Cocok Diminum Saat Hujanilustrasi bunga mawar kering (unsplash.com/kiiyana)

Tisane berbahan dasar bunga mawar memiliki aroma floral yang harum dengan sedikit hint manis. Bukan hanya aroma dan rasanya yang enak, tampilannya pun sangat cantik karena berupa kuncup-kuncup mawar berwarna merah keunguan. Konsumsi dari rosebud dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan kondisi kulit, serta mengurangi risiko penyakit pencernaan.

Baca Juga: 5 Museum Teh di Korea Selatan, Penikmat Teh Wajib Berkunjung!

4. Lemon dan Jahe

5 Rekomendasi Tisane Harum dan Sedap, Cocok Diminum Saat Hujanilustrasi lemon dan jahe (unsplash.com/asapalsson)

Perpaduan antara rasa lemon yang asam menyegarkan dengan jahe yang hangat dan beraroma khas menjadi kombinasi yang tepat untuk menghangatkan tubuh terutama jika ditambah dengan rasa manis dari madu. Kombinasi lemon dan jahe telah umum dikonsumsi bagi penderita batuk atau radang tenggorokan karena dapat melegakan dan menghangatkan tenggorokan. Di samping itu, tisane jenis ini juga dapat mengurangi konstipasi dan rasa mual sehingga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Bunga Melati dan Pandan

5 Rekomendasi Tisane Harum dan Sedap, Cocok Diminum Saat Hujanilustrasi bunga melati (unsplash.com/utsmanmedia)

Pandan dan bunga melati adalah perpaduan tisane yang memiliki aroma floral ringan dan manis. Bunga melati dan daun pandan merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit, seperti kanker. Daun pandan juga dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stress.

Nah, itu tadi 5 jenis tisane yang cocok untuk dinikmati saat hujan. Menikmati minuman hangat di tengah kesibukan sehari-hari dapat menjadi kegiatan relaksasi yang menenangkan tubuh dan pikiran. Bukan hanya itu, menikmati teh herbal atau tisane juga dapat membantu kita dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh di musim penghujan dengan segudang manfaat yang dimilikinya. Yuk, kita cicipi berbagai jenis tisane yang bukan hanya enak, tetapi juga baik untuk kesehatan kita!

Baca Juga: [QUIZ] Cari Tahu Jenis Teh yang Sesuai dengan Sifatmu di Sini!

Videla Zannuba Arifah Photo Writer Videla Zannuba Arifah

Sibuk menjadi anak Bu dan Bap. Gemar menulis di pagi hari.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya