Comscore Tracker

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih 

Dari Kazakhstan sampai Afghanistan, semuanya sedap banget

Asia Tengah merupakan area yang ditempati oleh beberapa negara yang sebagian besar adalah pecahan Uni Soviet, seperti Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Afghanistan sendiri bukanlah pecahan Uni Soviet, namun terletak di antara Asia Tengah dan Selatan. 

Penduduk Asia Tengah berasal dari berbagai suku, seperti suku Kazakh, Uzbek, dan masih banyak lagi. Karena sempat menjadi akses bagi Jalur Sutra dan bagian dari Uni Soviet, negara-negara tersebut juga menjadi rumah bagi banyak penduduk keturunan Rusia dan Ukraina.

Perpaduan suku, etnis, dan budaya inilah yang menghasilkan keragaman kuliner yang unik di Asia Tengah, seperti sederet hidangan berikut ini nih : 

1. Beshbarmak (Kazakhstan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Tripadvisor.com.ph

Hidangan pertama adalah beshbarmak yang ditetapkan sebagai hidangan nasional di Kazakhstan. Beshbarmak terbuat dari daging yang direbus dan ditambah dengan mie dan bawang bombay. Daging yang biasa digunakan untuk hidangan ini adalah daging domba atau kuda. Tak lupa, semangkuk kuah kaldu domba dihidangkan sebagai pendamping beshbarmak agar lebih sedap. 

Jika diterjemahkan, beshbarmak memiliki arti "lima jari". Sesuai dengan namanya, hidangan ini dinikmati langsung dengan tangan, seperti saat makan nasi padang gitu deh. Selain di Kazakshtan, hidangan ini juga sangat populer di negara tetangganya, yaitu Kirgizstan. 

2. Baursak (Kazakhstan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Chowtraveller.com

Baursak merupakan semacam donat khas Kazakhstan yang terbuat dari adonan tepung, susu, ragi, telur, dan mentega. Adonan tersebut lalu dibentuk dan digoreng hingga kecoklatan. Agar lebih nikmat, baursak akan ditaburi dengan gula halus terlebih dahulu. Baursak memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, mirip seperti kue bantal di Indonesia. 

3. Oromo (Kirgizstan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Silkroadexplore.com

Dari Kirgizstan, ada hidangan bernama oromo yang terbuat dari adonan tepung, air, dan garam yang diuleni dan diisi dengan daging, kentang, labu, wortel, dan sayuran lainnya. Adonan kemudian dikukus dan biasanya dihidangkan bersama saus tomat. 

4. Jarma (Kirgizstan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Twitter.com/triptoKG

Jarma adalah minuman khas Kirgizstan yang terbuat dari gandum, barley, ataupun jagung yang digoreng, dihaluskan, kemudian ditambah dengan ayran (semacam yogurt), air, dan garam. Minuman ini dapat dengan mudah ditemukan di toko ataupun di pinggir jalan dan sangat cocok dinikmati saat sedang musim panas. 

5. Qurutob (Tajikistan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Foodperestroika.com

Qurutob adalah hidangan nasional Tajikistan yang terdiri dari lapisan roti dan bawang bombay yang dicampur dalam saus yogurt. Saus itu sendiri terbuat dari yogurt yang dipanaskan dan ditambah dengan garam. Roti yang digunakan juga bukan roti biasa, melainkan disebut fatir/patyr, semacam roti pipih. 

6. Plov (Tajikistan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih International-alert.org

Plov terbuat dari daging domba atau sapi yang ditumis dengan wortel dan bawang bombay serta dimasak bersama beras basmati. Bumbu utama dalam hidangan ini adalah garam dan jintan putih. Tak hanya di Tajikistan, hidangan ini juga sangat populer di Uzbekistan. 

Baca Juga: Mencicipi 7 Kuliner di Sapporo Hokkaido, Sukses Ngunyah Terus!

7. Dimlama (Uzbekistan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Zira.uz

Dimlama adalah hidangan asal Uzbekistan yang terdiri dari daging sapi atau domba yang dimasak bersama kentang dan sayuran. Hidangan yang juga terkenal di Kirgizstan ini biasanya dinikmati pada musim semi dan panas. 

8. Achichuk salad (Uzbekistan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Hilaltravel.uz

Achichuk merupakan salad khas Uzbekistan yang terdiri dari potongan tomat dan irisan bawang merah kemudian ditambah dengan garam dan kemangi. Cabai juga dapat ditambahkan untuk menambah rasanya. 

9. Dogroma chorba (Turkmenistan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Caspiannews.com

Dogroma chorba adalah sup kaldu asal Turkmenistan yang berisi daging domba (beserta jeroannya) dan dibumbui dengan garam dan lada. Ke dalam sup juga ditambahkan potongan tomat. Sup ini biasanya akan disajikan bersama roti dan irisan bawang merah. 

10. Chorek (Turkmenistan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Itap-world.com

Chorek adalah roti khas Turkmenistan yang secara tradisional dipanggang dalam tandyr, yaitu oven yang terbuat dari clay. Roti pipih ini dibuat dari adonan tepung, air, ragi, dan garam. Faktanya, membuat chorek dianggap sebagai seni di Turkmenistan dan penduduknya percaya bahwa menginjak chorek (atau roti) dapat membawa kesialan. 

11. Aushak (Afghanistan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Hindustantimes.com

Aushak atau ashak adalah dumpling asal Afghanistan yang diisi dengan daging, saus tomat, dan daun bawang. Hidangan yang biasa dinikmati di musim liburan tersebut juga disajikan bersama saus yogurt yang segar dan daun mint.

12. Bolani (Afghanistan)

12 Kuliner dari Berbagai Negara di Asia Tengah, Patut Dicoba Nih Chopankabob.ca

Bolani adalah roti pipih asal Afghanistan yang diisi dengan kentang, labu, atau sayuran. Roti ini dapat dibuat dengan cara dipanggang ataupun digoreng. Bolani biasanya dihidangkan dalam acara-acara tertentu dan disajikan bersama yogurt sebagai dipping sauce-nya. 

Mana yang ingin kalian coba? 

Baca Juga: 5 Kota di Asia Tengah yang Keindahannya Menghipnotis Wisatawan

V Hendardy Photo Verified Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya