Comscore Tracker

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!

Siraman bumbu kacang bikin rasa jadi juara

Berbicara tentang salad, mungkin yang ada dipikirkan kamu adalah makanan khas dari luar negeri berupa sayuran diberi sambal atau saus. Pikiran tersebut benar dan gak salah, kok.

Tetapi, apakah kamu tahu kalau Indonesia juga memiliki salad yang tak kalah enaknya dengan salad di luar negeri? Menggunakan beragam sayuran yang dicampur dengan bumbu membuat rasa salad kian nikmat. Simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. Pecel sayur

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!Pecel sayur (instagram.com/dodon_jerry)

Pecel adalah salah satu makanan populer dari pulau Jawa. Makanan ini biasa disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur aneka sayuran yang sudah direbus, seperti taoge, kangkung, dan kacang panjang.

Pecel sangat terkenal di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Makanan ini umum disajikan bersama dengan tempe, tahu, telur, atau rempeyek.

2. Rujak cingur 

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!Rujak cingur (instagram.com/laskarkuliner)

Berasal dari Jawa Timur, rujak cingur sangat terkenal terutama di Surabaya. Ciri khas dari makanan ini adalah adanya cingur atau mulut sapi sebagai campurannya.

Rujak cingur terdiri dari campuran sayur, buah, irisan cingur sapi, dan bumbu petis yang diulek bersama kacang. Ketika dicampur menjadi satu, rasa rujak cingur jadi sangat nikmat, lho!

3. Rujak buah medan

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!Rujak buah medan (instagram.com/lyd_christ)

Makanan ini adalah salah satu salad versi lokal lainnya. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari Medan dan umum dijual di pinggiran jalan.

Sama seperti rujak pada umumnya, rujak buah medan terdiri dari berbagai macam buah, seperti pepaya, jambu, dan nanas. Kemudian, rujak disiraman bumbu kacang yang ditumbuk kasar secara merata.

4. Selat solo

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!Selat solo (instagram.com/mas_win82)

Selat solo adalah makanan khas dari Jawa yang masih terpengaruh oleh hidangan Eropa. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Selat Solo terdiri dari daging semur, sayuran, dan kuah manis yang diberi rempah. Hidangan ini juga ditaburi  bubuk lada hitam layaknya steik, sehingga ada sensasi pedas saat menyantapnya.

Baca Juga: 5 Gado-gado Legendaris di Jakarta, Bumbunya Legit dan Mantap! 

5. Asinan bogor

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!Asinan bogor (instagram.com/tegal.fnb)

Siapa yang gak kenal sama asinan bogor? Hidangan berupa sayur dan buah yang dicampur kuah pedas ini cukup populer di kalangan masyarakat. Berbeda dengan rujak yang menggunakan sayur dan buah segar, asinan bogor justru berisi sayur dan buah yang sudah melewati tahap pengacaran atau pengasinan terlebih dulu.

Asinan bogor terasa asam, manis, dan pedas, sehingga banyak orang menyukainya. Hidangan tradisional ini sangat cocok disantap bersama keluarga di saat santai. 

6. Gado-gado

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!Gado-gado (instagram.com/gadogadopdx)

Gado-gado adalah jenis hidangan asal Jakarta yang populer. Hidangan ini hampir mirip dengan pecel, tapi gado-gado adalah versi yang lebih lengkapnya karena ada tambahan lontong sehingga lebih mengenyangkan.

Makanan ini terdiri dari lontong dan aneka sayur yang disiram bumbu kacang. Gado-gado umum dijumpai di pinggiran jalan atau di restoran mewah sekalipun, lho.

7. Plecing kangkung

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!Plecing kangkung (instagram.com/tolerastamanis)

Plecing kangkung adalah jenis salad yang sederhana. Hidangan ini terdiri dari kangkung yang direbus dan ditambahi bumbu pedas di atasnya.

Buat yang belum tahu, plecing kangkung berasal dari Lombok. Dalam penyajiannya, hidangan ini biasa ditambah dengan kacang goreng. Sensasi pedas dan gurihnya nikmat banget!

8. Karedok

8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!Karedok (instagram.com/emiliana_ermin)

Karedok adalah makanan khas Sunda yang juga tak kalah enaknya. Karedok terdiri dari aneka sayuran mentah yang diberi bumbu kacang.

Sayuran yang biasa digunakan untuk membuat karedok adalah kol, kacang panjang, taoge, dan timun. Karedok biasa dinikmati dengan menambahkan telur, bawang goreng, dan kerupuk.

Kebanyakan salad asli Indonesia terdiri dari campuran sayur atau buah yang diberi saus seperti bumbu kacang. Penggunaan bumbu kacang membuat rasa salad menjadi kaya dan menggoyang lidah. Jadi, mana salad versi lokal favoritmu?

Baca Juga: Yummy! Ini Resep Karedok Leunca Khas Sunda yang Pedas dan Bikin Nagih

Yuda Pratama Mukti Photo Verified Writer Yuda Pratama Mukti

Introvert and The Bathroom Singer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya