Comscore Tracker

Resep Mi Goreng Tulen Khas Kebumen yang Teksturnya Kenyal dan Lezat

Cocok untuk menu masakan pengganti nasi #LokalIDN

Olahan makanan berbahan dasar mi memang sangat sederhana untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain itu, mi juga bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi.

Nah, kali ini ada olahan mi yang terkenal dari Kabupaten Kebumen bernama mi goreng tulen. Mi ini memiliki bentuk pipih dan tekstur yang kenyal dan biasanya disajikan untuk santap makan siang bersama keluarga.

Ingin tau cara membuatnya? Yuk, simak resep cara membuat mi goreng tulen berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mi goreng tulen

Resep Mi Goreng Tulen Khas Kebumen yang Teksturnya Kenyal dan LezatIlustrasi bahan mi tulen mentah (Instagram.com/mitelor770)

Bahan-bahan:

  • 140 gr mi tulen 
  • 5 butir bakso
  • 1 batang caisim
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1 butir telur

Bahan bumbu mi:

  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak goreng
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt garam halus

2. Rebus mi tulen hingga matang

Resep Mi Goreng Tulen Khas Kebumen yang Teksturnya Kenyal dan LezatIlustrasi merebus mi tulen (Pexels.com/Klaus Nielsen)

Langkah pertama yaitu siapkan air dan panci untuk merebus. Kemudian rebus mi tulen hingga matang. Rebus mi jangan terlalu lama karena mi cepat kenyal. Setelah itu tiriskan. Masukkan bumbu mi, lalu aduk hingga merata.

Baca Juga: Resep Mie Tarempa Khas Riau, Aromanya Membangkitkan Nafsu Makan

3. Potong bawang dan tumis

Resep Mi Goreng Tulen Khas Kebumen yang Teksturnya Kenyal dan LezatIlustrasi menumis bumbu masakan (Instagram.com/harysubastian)

Untuk membuat isian, pertama iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih. Kemudian, tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi, lalu sisihkan.

4. Campurkan mi tulen dengan bahan pelengkap

Resep Mi Goreng Tulen Khas Kebumen yang Teksturnya Kenyal dan LezatIlustrasi memasak mi goreng tulen (Instagram.com/resepmakananspesial)

Selanjutnya, potong bakso dan caisim sesuai selera. Ceplok telor lalu orak-arik, kemudian masukkan irisan bakso, mi tulen, dan caisim. Setelah itu, aduk hingga tercampur rata.

5. Sajikan mi goreng tulen

Resep Mi Goreng Tulen Khas Kebumen yang Teksturnya Kenyal dan LezatIlustrasi mi goreng tulen khas Kebumen (Instagram.com/junjoewinanto)

Setelah mi matang, kemudian angkat dan siapkan piring saji, lalu letakan mi diatasnya. Mi goreng tulen pun siap untuk disajikan.

Itu dia resep cara membuat mi goreng tulen yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Mie Koba Khas Bangka, Cocok Dinikmati saat Cuaca Dingin

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya