Comscore Tracker

Resep Sate Kambing Muda Khas Solo, Nikmatnya Menggugah Selera!

Cocok untuk dijadikan lauk makan siang #LokalIDN

Kuliner sate memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Biasanya, setiap daerah memiliki olahan sate yang berbeda dengan daerah lainnya, baik dari bahan dasar, rasa, atau cara pengolahannya.

Nah, salah satu sate yang perlu kamu coba adalah sate kambing muda khas Solo, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari bahan dasar daging kambing muda yang memiliki tekstur daging empuk dan lebih manis.

Untuk menikmati sate ini, kamu tidak perlu jauh-jauh ke kota Solo. Cukup membuat sendiri di rumah, kamu sudah bisa menikmati lezatnya sate kambing muda khas Solo ini. Berikut adalah resep sate kambing muda khas Solo dan cara membuatnya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sate kambing muda

Resep Sate Kambing Muda Khas Solo, Nikmatnya Menggugah Selera!Ilustrasi daging kambing muda untuk bahan sate (Instagram.com/bogormeatshop)

Bahan-bahan:

  • 400 gr daging kambing muda
  • 200 gr lemak kambing
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak
  • 25 buah tusuk sate

Bahan sambal kecap:

  • 5 sdm kecap manis
  • 5 butir bawang merah
  • 10 buah cabai rawit hijau

Bahan pelengkap:

  • 3 buah lontong
  • 2 buah tomat merah
  • Kol secukupnya

2. Potong dan bumbui daging kambing muda

Resep Sate Kambing Muda Khas Solo, Nikmatnya Menggugah Selera!Ilustrasi membumbui daging kambing muda (Instagram.com/handsoft.id)

Langkah pertama, siapkan 400 gr daging kambing muda, lalu potong berbentuk dadu kecil-kecil. Setelah itu campurkan daging kambing muda, lemak kambing, garam, dan merica ke dalam wadah.

Selanjutnya, tambahkan kecap manis dan minyak, lalu remas-remas hingga bumbu tercampur merata. Kemudian, diamkan selama kurang lebih satu jam.

Baca Juga: 5 Serba-Serbi Sate Kere, Sate Khas Solo yang Unik dan Legendaris

3. Tusuk daging dan lemak kambing lalu bakar 

Resep Sate Kambing Muda Khas Solo, Nikmatnya Menggugah Selera!Ilustrasi membakar daging sate (Instagram.com/kulinersukoharjo)

Setelah proses marinasi selesai, kemudian siapkan tusuk sate, lalu tusuk daging dan lemak bergantian. Selanjutnya, bakar sate di atas panggangan dan jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata.

4. Membuat sambal kecap

Resep Sate Kambing Muda Khas Solo, Nikmatnya Menggugah Selera!Ilustrasi sambal kecap (Instagram.com/dee2.fa04)

Untuk membuat sambal kecapnya, pertama siapkan 5 sdm kecap manis, 5 butir bawang merah, dan 10 buah cabai rawit hijau. Kemudian, potong bawang merah dan cabai tipis-tipis, lalu aduk hingga tercampur rata.

5. Sajikan sate dengan sambal kecap

Resep Sate Kambing Muda Khas Solo, Nikmatnya Menggugah Selera!Potret sate kambing muda khas Solo (Instagram.com/satekambing_pakbunder)

Setelah sate matang, selanjutnya siapkan piring saji, kemudian letakan sate di atasnya. Siramkan sambal kecap di atas sate, lalu beri bahan pelengkapnya. Sate kambing muda khas Solo pun siap untuk dinikmati.

Nah, itulah resep sederhana cara membuat sate kambing muda khas Solo yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Sangat mudah dan simpel, bukan? Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: Resep Sate Srepeh, Kuliner Khas Rembang yang Lezat dan Nikmat

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya