Comscore Tracker

5 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Saat Masak Tahu, Biar Makin Enak!

Meskipun olahan tahu sederhana tapi rasanya bikin ketagihan

Mendengar kata tahu pasti sudah gak asing lagi untuk masyarakat Indonesia yang memang memiliki kegemaran besar terhadap olahan kacang kedelai yang satu ini. Tahu memiliki tekstur lembut dan gurih saat dimasak, gak heran kalau penggemar tahu gak kalah banyak dari penggemar tempe. 

Nah, kalau kamu sering masak tahu sebaiknya perhatikan lima hal penting ini biar rasanya semakin enak!

1. Mengeringkan tahu dengan benar

5 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Saat Masak Tahu, Biar Makin Enak!comparoid.com

Tahu umumnya dikemas dalam wadah plastik dengan sedikit air guna menjaga kelembapan dan tekstur lembutnya. Saat ingin dimasak tahu sebaiknya dikeringkan agar tidak terlalu berair.

Cara meniriskan tahu bukan hanya sekadar menghilangkan air dari wadahnya saja, untuk tahu yang bertekstur lebih padat seharusnya dikeringkan dengan bantuan tisu tebal dengan cara ditepuk-tepuk, bisa juga dengan dihimpit di antara talenan dan piring agar seluruh sisa air bisa tiris dengan sempurna.

2. Jangan menggunakan panci biasa tapi pilih non-stick pan

5 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Saat Masak Tahu, Biar Makin Enak!maangchi.com

Jika ingin menumis atau menjadikannya sajian tidak berkuah, maka pastikan agar menggunakan panci anti lengket guna tetap menjaga teksturnya. Panci biasa akan merusak permukaan tahu bahkan bisa membuat bentuknya jadi berantakan. 

Baca Juga: Tips Mudah Menggoreng Tofu ala Yummy, Dijamin Lembut dan Gak Hancur

3. Beri lebih banyak bumbu pada masakan

5 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Saat Masak Tahu, Biar Makin Enak!garlicmysoul.com

Tekstur tahu mirip seperti spons yang berongga, sehingga saat ingin memasaknya pastikan kamu menggunakan banyak bumbu. Kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat masak tahu adalah terlalu sedikit memberi bumbu, jadi cita rasa masakan pun kurang nikmat. Selama banyak bumbu yang digunakan tidak berlebihan maka tahu akan meresapnya dengan baik hingga ke pori-pori terdalam. 

4. Melapisi dengan tepung sagu agar hasilnya krispi

5 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Saat Masak Tahu, Biar Makin Enak!seriouseats.com

Tepung terigu identik dengan berbagai jenis gorengan lezat yang selalu memanjakan lidah. Tapi tepung sagu adalah jenis yang terbaik lho untuk membuat tahu krispi. Tahu krispi populer menjadi olahan andalan para vegetarian yang mengolah tahu jadi daging versi nabati. Tepung sagu akan membuat tahu anti gosong dan mendapat kerenyahan di luar serta tekstur lembut di dalam. 

5. Potong tahu dengan ukuran dan bentuk yang pas

5 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Saat Masak Tahu, Biar Makin Enak!daringgourmet.com

Yang juga gak boleh ketinggalan adalah cara kita memotong tahu. Karena lagi-lagi tahu memiliki rongga dan pori-pori yang cukup banyak, maka bentuk tahu yang terlalu besar akan membuat bumbu gagal meresap ke dalam tahu. Tahu paling pas dinikmati dalam bentuk kotak kecil berukuran dadu. Atau juga boleh berbentuk lain asalkan tetap memperhatikan tingkat ketebalannya, jangan sampai terlalu besar. 

Itu tadi beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat masak tahu. Semoga dengan artikel ini kemampuan memasak kita jadi makin bertambah ya!

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memasak Nasi, Bikin Gak Enak!

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya