Comscore Tracker

Resep Sushi Dragon Roll ala Restoran, Praktis dan Menggiurkan!

Membuat sushi seenak restoran di rumah bukan hal sulit

Sushi menjadi salah satu makanan Jepang yang mudah ditemukan di Indonesia. Makanan berbahan dasar nasi ini dibentuk bersama lauk, (neta) biasanya berupa hidangan laut, daging, sayuran mentah, maupun sudah dimasak.

Sushi sendiri memiliki banyak jenis, salah satu yang populer adalah sushi dragon roll. Jenis sushi satu ini berukuran cukup besar dan cantik dengan rasa sedikit pedas.

Isian sushi dragon roll biasanya dilengkapi potongan tempura dan timun untuk mendapatkan tekstur yang lebih crunchy. Sedangkan bagian luar dilengkapi irisan alpukat, taburan tobiko, dan spicy mayo

Harga sushi yang cukup mahal tentu bukan alasan untuk tidak mencobanya, kan? Kamu bisa membuat sushi ini di rumah dengan membeli bahan-bahan yang mudah ditemukan di toko sekitar. Nah, berikut ini resep sushi dragon roll dengan rasa yang tak kalah enak dengan di restoran.

1. Bahan-bahan memasak sushi dragon roll

Resep Sushi Dragon Roll ala Restoran, Praktis dan Menggiurkan!Ilustrasi mencampur nasi (pexels.com/Ivan Samkov)

Bahan utama:

  • 100 gram nasi
  • 100 gram udang
  • 100 gram tepung tempura
  • 100 gram air soda
  • 60 gram saus mayo pedas 
  • 100 gram lobak putih 
  • 2 buah daun shiso 
  • 1/2 buah alpukat
  • 1 buah timun
  • nori secukupnya
  • soy sauce secukupnya
  • gula cair secukupnya
  • minyak alpukat secukupnya
  • garam secukupnya 

Bahan pendamping:

  • shoyu secukupnya
  • wasabi secukupnya
  • gari pink syoga secukupnya

2. Campurkan nasi dengan bumbu

Resep Sushi Dragon Roll ala Restoran, Praktis dan Menggiurkan!Ilustrasi mencampur nasi (pexels.com/Ivan Samkov)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan menyiapkan nasi terlebih dahulu. Untuk nasinya sendiri sebisa mungkin gunakan nasi yang pulen. Jangan terlalu lembek maupun terlalu keras. Hal ini dikarenakan agar sushi bisa memiliki tekstur rasa yang pas.

Selanjutnya, kamu bisa mulai mencampurkan bahan-bahan untuk membumbui nasinya. Kamu bisa menambahkan soy sauce, gula cair, minyak alpukat, dan garam secukupnya. Tuangkan semua bahan tersebut ke dalam nasi, lalu aduk hingga merata.

2. Bersihkan udang dari kulitnya

Resep Sushi Dragon Roll ala Restoran, Praktis dan Menggiurkan!Ilustrasi mengupas udang (pexels.com/Derwin Edwards)

Setelah selesai membuat nasi, kamu bisa beralih untuk langkah selanjutnya, yaitu membersihkan udang dari kulitnya. Cuci udang terlebih dahulu sambil mengupas kulitnya. Jika sudah, segera tiriskan.

Setelah itu, siapkan tepung tempura untuk dijadikan baluran untuk menggoreng udang. Celupkan udang yang sudah dilumuri tepung ke dalam tepung basah yang merupakan campuran air soda dan tepung tempura. Goreng udang selama 5 menit atau setidaknya udang berwarna golden brown.

3. Siapkan alpukat dan potong sesuai selera

Resep Sushi Dragon Roll ala Restoran, Praktis dan Menggiurkan!Ilustrasi memotong alpukat (pexels.com/Los Muertos Crew)

Proses selanjutnya adalah mengolah alpukat. Alpukat menjadi sebagai salah satu bahan utama untuk membuat sushi dragon roll. Pertama, kamu bisa mencuci alpukat terlebih dahulu dengan air mengalir.

Selanjutnya, kamu bisa mengupas alpukat atau memotongnya menjadi dua bagian. Kemudian, kamu bisa memotongnya kembali daging alpukat menjadi bagian yang lebih kecil dan tipis, tapi bisa kamu sesuaikan dengan selera. Sisihkan sejenak untuk nantinya ditata bersama nori dan nasi.

Baca Juga: 5 Resep Sushi Rumahan yang Wajib Kamu Coba Buat di Rumah

4. Saatnya membuat dragon sushi roll

Resep Sushi Dragon Roll ala Restoran, Praktis dan Menggiurkan!Ilustrasi cara membuat sushi (pexels.com/Ivan Samkov)

Setelah semua bahan sudah selesai disiapkan, selanjutnya adalah membuat dragon sushi roll. Siapkan roll bambu, lalu letakkan nori di tepi roll. Bagian halus nori menghadap ke bambu roll.

Taruh nasi sushi di atas nori. Kemudian, kamu bisa meratakan dengan tangan. Balik nori dan nasinya. Kamu bisa menambahkan mentimun dan udang tempura, lalu tuang lava saus di atas udang.

5. Potong sushi menjadi beberapa bagian

Resep Sushi Dragon Roll ala Restoran, Praktis dan Menggiurkan!Ilustrasi cara memotong sushi (pexels.com/Ivan Samkov)

Setelah selesai meletakan semua bahan di atas nasi, kamu bisa menggulung sushi dengan perlahan agar rapi. Kemudian, ambil potongan yang sudah diiris tipis tadi dan letakkan di atas sushi.

Terakhir, kamu hanya perlu memotong sushi menjadi 6 atau 8 potong sesuai selera. Tata dan letakkan di atas piring dengan beberapa daun shiso dan lobak yang diiris tipis memanjang. Sushi dragon roll siap disantap. Kamu juga bisa menyantapnya dengan shoyu, wasabi, maupun gari pink syoga, nih!

sushi tak selalu menjadi makanan yang mahal, terlebih jika kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan terjangkau. Tentu kamu akan mendapatkan sushi yang lebih banyak dan bisa dinikmati bersama keluarga.

Baca Juga: Resep Sushi Tuna Salad, Makanan Jepang yang Praktis Dibuat

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya