Comscore Tracker

Resep Sushi Tuna Salad, Makanan Jepang yang Praktis Dibuat

Hadirkan rasa gurih dan segar dalam sekali lahap

Sushi merupakan sajian menu khas Jepang yang digemari oleh orang-orang. Penyajian sushi ini memang memberikan cita rasa yang lezat dan menarik, sehingga menggugah selera.

Salah satu menu yang bisa kamu coba di rumah adalah sushi tuna. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan resep yang berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sushi Tuna Salad, Makanan Jepang yang Praktis Dibuatilustrasi memarinasi ikan tuna (pixabay.com/@ReinhardThrainer)

Bahan-bahan:

  • 1 sdm bawang bombay potong
  • 2/3 wadah tuna segar atau tuna kalengan
  • 1 sdm mayones
  • garam secukupnya
  • 1 sdt mustard
  • nori secukupnya
  • 3 wadah beras 
  • acar jahe secukupnya
  • 2 sdt biji wijen panggang
  • kecap asin secukupnya

2. Masak nasi hingga matang merata

Resep Sushi Tuna Salad, Makanan Jepang yang Praktis Dibuatilustrasi menanak nasi (unsplash.com/@marusyaionova)

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat nasi. Pertama, cuci beras yang telah dipersiapkan hingga benar-benar bersih. Masaklah nasi hingga matang sempurna.

Nasi yang telah matang dapat kamu pindahkan pada satu wadah, lalu tuangkan kecap asin ke dalamnya. Jangan terlalu banyak agar teksturnya tak lembek dan cita rasanya tak terlalu asin. Aduk hingga tercampur sempurna.

3. Campurkan tuna suwir dengan aneka bahan

Resep Sushi Tuna Salad, Makanan Jepang yang Praktis Dibuatilustrasi tuna (unsplash.com/@ferhadd)

Kamu disarankan untuk menggunakan tuna kalengan yang sudah siap makan. Namun, jika menggunakan tuna segar, maka kamu harus memasaknya terlebih dahulu, lalu disuwir-suwir.

Jika sudah disuwir-suwir, masukan aneka bahan, seperti potongan bawang bombay, mayones, garam, dan mustard ke dalam mangkuk berisi suwiran tuna. Kamu dapat menyisihkannya sejenak.

Baca Juga: Resep Sushi Alpukat Praktis, Menu Andalan Vegetarian!

4. Gulung sushi secara perlahan

Resep Sushi Tuna Salad, Makanan Jepang yang Praktis Dibuatilustrasi menggulung sushi (unsplash.com/@lu_pl_ph)

Untuk proses penyajiannya, kamu dapat mempersiapkan alat untuk menggulung sushi. Letakan nori di atas nasi, lalu secara perlahan tatalah kembali dengan nasi secara merata.

Selanjutnya, kamu bisa menata tuna di bagian atas nasi dan gulung secara perlahan. Proses penggilingan ini harus dilakukan perlahan agar tidak berantakan. Jika sudah, lakukan sampai nasi dan bahan isiannya habis.

5. Sajikan sushi dengan topping sesuai selera

Resep Sushi Tuna Salad, Makanan Jepang yang Praktis Dibuatilustrasi sushi tuna (unsplash.com/@mahmoud_fawzy100)

Setelah selesai ditata dan digulung, maka kamu dapat langsung menyajikannya. Proses penyajian ini dilakukan dengan memotong sushi menjadi beberapa bagian yang sama.

Kamu dapat langsung menyajikan menu ini dengan kecap asin dan acar jahe sesuai selera. Tentu ini akan semakin melengkapi cita rasa dari sushi tuna yang disajikan.

Ternyata, sangat praktis membuat sushi tuna yang menggugah selera ini, kan? Menu ini bahkan bisa jadi inspirasi sajian bekal yang dapat kamu coba. Lezatnya maksimal, deh!

Baca Juga: 5 Macam Telur Ikan yang Sering Digunakan untuk Sushi

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya