Comscore Tracker

Resep Lapis Legit Kukus, Tanpa Oven Tetap Lembut dan Empuk

Gak kalah enak dari yang dipanggang

Mengukus menjadi salah satu metode memasak yang banyak dipilih karena prosesnya simpel. Makanan yang dihasilkan juga cenderung lebih sehat. Dari metode mengukus inilah kamu bisa membuat berbagai macam makanan, seperti kue lapis legit, misalnya.

Kue lapis legit kukus cocok jadi pilihan kalau kamu menginginkan tekstur kue yang lembut dan gak bikin seret. Gak ada ruginya, kamu bisa mempraktikkan resep lapis legit kukus yang dijamin mudah dan praktis berikut ini. Lembutnya menggigit!

1. Bahan-bahan membuat lapis legit kukus

Resep Lapis Legit Kukus, Tanpa Oven Tetap Lembut dan Empukilustrasi telur (unsplash.com/Louis Hansel)

Bahan-bahan:

  • 8 butir telur
  • 185 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram susu bubuk
  • 200 gram butter
  • 25 gram susu kental manis
  • 1 sdt pasta vanilla
  • cokelat bubuk secukupnya

2. Mikser adonan hingga mengembang

Resep Lapis Legit Kukus, Tanpa Oven Tetap Lembut dan Empukilustrasi adonan untuk lapis legit (freepik.com/freepik)

Masukkan butter, susu kental manis, dan pasta vanilla ke dalam wadah. Mikser dengan kecepatan tinggi hingga putih pucat dan mengembang. Kemudian, matikan mikser dan sisihkan.

Dalam wadah berbeda, campur telur, gula, dan emulsifier, lalu mikser sampai mengembang dan kental berjejak. Kalau sudah, turunkan kecepatan mikser, lalu tambahkan tepung terigu sambil diayak. Kemudian, mikser adonan sampai tercampur rata.

3. Campurkan adonan butter dan telur

Resep Lapis Legit Kukus, Tanpa Oven Tetap Lembut dan Empukilustrasi mencampurkan adonan (freepik.com/freepik)

Campurkan hasil adonan butter dan adonan telur yang telah dimikser ke dalam satu wadah. Kemudian, aduk menggunakan spatula dengan metode melipat hingga tercampur rata.

Sesudah itu, tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi butter serta dialasi baking paper. Tuang perlapis 75 gram, lalu ratakan dan taburi cokelat bubuk di atasnya dengan cara diayak.

Baca Juga: Resep Lapis Legit Susu, Cocok Jadi Teman Ngopi dan Bersantai

4. Kukus adonan kue lapis secara bertahap

Resep Lapis Legit Kukus, Tanpa Oven Tetap Lembut dan Empukilustrasi mengukus adonan kue lapis legit (unsplash.com/Sergio Camalich)

Kukus adonan selama 5 menit ke dalam panci kukusan yang telah dipanaskan dan tutup pancinya dialasi serbet. Setelah dikukus sebentar, buka tutup panci dan tuang adonan perlapis. Jangan lupa untuk diratakan, ya.

Selanjutnya, taburi dengan cokelat bubuk di atas adonan sambil diayak. Kemudian, kukus kembali selama 5 menit. Lakukan tahap ini sampai tersisa adonan untuk lapisan terakhir.

5. Kue lapis legit kukus siap untuk disajikan

Resep Lapis Legit Kukus, Tanpa Oven Tetap Lembut dan Empuklapis legit kukus (instagram.com/vitakwee)

Nah, untuk lapisan terakhir, kukus adonan selama 10 menit hingga benar-benar matang. Setelah matang, segera angkat kue dari panci kukusan. Diamkan di suhu ruang sampai menghangat.

Jika telah hangat, keluarkan kue dari loyang secara perlahan dengan bagian bawahnya dialasi piring saji. Kemudian, potong kue dan lapis legit siap disajikan.

Meski dibuat dengan cara dikukus, kue lapis legit ini tak kalah lezat dari versi dipanggang. Teksturnya lembut dan rasa legitnya dijamin bikin jatuh hati, deh. Siapkan bahan-bahan untuk membuat lapis legit kukus seperti resep di atas, ya.

Baca Juga: Resep Lapis Legit Singkong Keju, Rasa Gurih dan Manisnya Ngangenin

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya