Comscore Tracker

Resep Puding Jagung dan Cara Membuatnya yang Lembut, Gampang!

Cocok dijadikan camilan keluarga

Jagung dikenal mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Bahan makanan yang masuk dalam kategori sayuran ini biasanya diolah menjadi nasi jagung, bubur, atau campuran sayur bening.

Jika dirasa ragam kreasi tersebut terlalu monoton, kamu bisa banget mengolahnya menjadi puding. Cara bikin dessert menyehatkan ini sangat mudah karena hanya memerlukan bahan-bahan sederhana,

Siapa pun bisa membuatnya, resep puding jagung berikut ini dapat kamu praktikkan dengan mudah. Dijamin lembut dan lumer di mulut.

1. Bahan membuat puding jagung

Resep Puding Jagung dan Cara Membuatnya yang Lembut, Gampang!ilustrasi jagung (verywellhealth.com)

Bahan-bahan:

  • 3 buah jagung manis
  • 1 buah kelapa setengah tua parut
  • 1,5 liter air
  • 2 bungkus agar-agar putih
  • 200 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong
  • 1 sdt garam

2. Parut jagung sampai habis

Resep Puding Jagung dan Cara Membuatnya yang Lembut, Gampang!ilustrasi memarut jagung (ameliasaltsman.com)

Siapkan tiga buah jagung manis, lalu kupas kulitnya dan bersihkan dari serabutnya, sisihkan. Kemudian, ambil parutan dan wadah, lalu mulai parut jagung satu per satu.

Lakukan langkah memarut jagung sampai selesai, ya. Setelah itu, jangan lupa juga parut kelapa setengah tua ke dalam wadah berbeda. Sisihkan sebentar.

3. Peras hasil parutan jagung dengan kelapa

Resep Puding Jagung dan Cara Membuatnya yang Lembut, Gampang!ilustrasi memeras santan (finecooking.com)

Berikutnya, ambil dan masukkan kelapa parut ke dalam wadah berisi parutan jagung. Jangan lupa siapkan wadah untuk menadah hasil perasan kedua bahan tersebut.

Selanjutnya, tuang air sedikit demi sedikit sembari diperas. Pastikan ampasnya tidak ikut tercampur, ya. Kalau sudah, buang ampasnya dan sisihkan hasil perasan jagung dan kelapa tadi.

Baca Juga: Resep Puding Pisang yang Lembut dan Segarkan Tenggorokan

4. Masak semua bahan untuk membuat puding

Resep Puding Jagung dan Cara Membuatnya yang Lembut, Gampang!ilustrasi merebus santan (dairyfarmersofcanada.ca)

Letakkan wajan di atas kompor, lalu tuang hasil perasan ke dalam panci. Masukkan dua bungkus bubuk agar-agar, gula pasir, daun pandan, dan garam. Aduk semua bahan sampai tercampur rata.

Setelah itu, masak puding dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk. Kalau puding dirasa sudah cukup kental dan meletup-letup, segera matikan kompor. Dinginkan puding.

5. Tuang puding ke dalam cetakan, lalu sajikan!

Resep Puding Jagung dan Cara Membuatnya yang Lembut, Gampang!Puding jagung (instagram.com/mrs.wijaya)

Ambil loyang atau cetakan puding yang sudah disiapkan. Langsung tuang ke dalam cetakan sesuai selera sambil disaring. Biarkan hingga mendingin dan padat.

Setelah itu, potong-potong puding atau simpan di dalam kulkas lebih duulu biar makin segar. Puding jagung siap dinikmati, deh.

Resep puding jagung di atas bisa menjadi inspirasi buat kamu yang pengin sajian spesial tapi gak ribet. Dijamin rasanya nikmat dan menyehatkan. Wajib dimasukkan ke dalam wishlist resep harianmu, nih.

Baca Juga: Resep Puding Klepon, Sulap Jajan Jadul Jadi Dessert Kekinian

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya