TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bikin Getuk Lindri yang Lembut untuk Camilan di Rumah

Singkong yang dikukus bikin getuk terasa lembut

ilustrasi getuk lindri (pexels.com/Riki Risnandar)

Getuk lindri adalah makanan tradisional yang dibuat dari singkong, kelapa, dan gula. Nantinya, adonan akan dibentuk untuk menghasilkan penampilan yang menarik.

Di samping itu, cara membuat getuk lindri yang lembut bisa dilakukan dengan menerapkan lima tips berikut ini. Hasilnya memuaskan, langkahnya pun simpel banget!

1. Pilih singkong yang tepat 

ilustrasi singkong mentah (pexels.com/Daniel Dan)

Karena bahan utamanya adalah singkong, maka umbi-umbian tersebut harus dipilih yang terbaik agar hasilnya bagus dan lembut. Hindari singkong yang terlalu muda atau terlalu tua, karena itu bisa membuat tekstur getuk jadi kasar.

Di samping itu, pilih jenis singkong yang minim serat untuk memaksimalkan tekstur getuk lindri. Biasanya singkong yang bagus bisa kamu lihat dari bentuknya yang seragam dan cenderung lurus.

2. Kukus singkong alih-alih direbus

ilustrasi panci (unsplash.com/Uwe Conrad)

Singkong untuk membuat getuk lindri sebaiknya dikukus saja alih-alih direbus. Proses ini akan menghasilkan getuk yang lembut, sehingga rasanya semakin menggugah selera.

Proses perebusan pada singkong cenderung rentan membuat singkong menjadi lembek. Dengan begitu, tekstur getuk lindri dari singkong rebus akan terasa kurang maksimal dibandingkan proses pengukusan yang bikin sajian lebih lembut.

Baca Juga: Resep Getuk Singkong Panggang yang Sederhana, Rasanya Tetap Melokal!

3. Haluskan singkong saat masih panas 

ilustrasi blender (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Saat menghaluskan singkong, sebaiknya lakukan ketika masih panas atau hangat. Sebab, dengan begitu proses akan lebih mudah, sehingga mendapatkan adonan yang halus dan lembut.

Jika singkong sudah dalam kondisi dingin, khawatir teksturnya akan berubah menjadi keras dan kering. Selain itu, bakal sulit dihaluskan karena membutuhkan banyak tenaga. Ini penyebab mengapa getuk lindri menjadi kasar saat dinikmati.

4. Gunakan sedikit pewarna

ilustrasi pewarna makanan (pixabay.com/Tabea)

Getuk lindri terkenal karena penampilannya yang warna-warni. Itu sebabnya tahapan ini sebaiknya tidak dilewatkan untuk memberikan hasil maksimal dan hidangan yang menggugah selera.

Kamu bisa membagi adonan getuk ke dalam beberapa mangkuk. Masing-masing bisa diwarnai hijau, kuning, merah, dan warna lainnya yang kamu sukai untuk memberi pengalaman berbeda saat menyantap getuk lindri.

Baca Juga: 5 Ragam Kreasi Getuk dengan Tampilan Unik dan Rasa yang Lezat 

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya