Comscore Tracker

5 Tips Memasak Mie Instan ala Abang-abang Warkop, Caranya Praktis!

Nikmatnya bikin kepikiran

Kamu pasti sering bertanya-tanya kenapa mi instan buatanmu tak pernah selezat buatan abang-abang warkop. Meski sudah mencoba berbagai macam cara, tapi faktanya selalu jauh dari harapan.

Tenang saja, tak perlu jauh-jauh ke warkop, dengan hanya di rumah saja kamu bisa menyulap mi instan jadi semakin nikmat layaknya buatan abang warkop. Ketahui tips-tipsnya berikut ini, deh.

1. Ikuti urutan dalam merebus mi instan

5 Tips Memasak Mie Instan ala Abang-abang Warkop, Caranya Praktis!ilustrasi mie instan. (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Sebetulnya tidak ada aturan pasti dalam merebus mi instan. Setiap orang bebas dalam melakukannya. Namun, dalam hal ini kita ingin menghasilkan mi layaknya abang-abang warkop, maka mau tak mau harus mengikuti aturan ini.

Langkah pertama adalah merebus telur terlebih dahulu, lalu sawi, terakhir baru masukkan mi. Cara ini diyakini paling banyak dilakukan oleh abang-abang warkop.

Mengingat bila kita memasukkan mi terlebih dahulu, telur yang kita rebus belum matang sepenuhnya mi sudah terlanjur lembek duluan. Jangan sampai salah urutan, ya!

2. Perhatikan jumlah air yang digunakan

5 Tips Memasak Mie Instan ala Abang-abang Warkop, Caranya Praktis!ilustrasi menyiapkan air rebusan mie instan. (Pexels.com/Teona Swift)

Biasanya, kita langsung memasukkan air begitu saja ke dalam panci tanpa mengikuti instruksi. Namun, tak demikian dengan yang dilakukan abang-abang warkop. Mereka hanya menggunakan air dalam jumlah sedikit dari takaran asli pada kemasan mi, lho.

Hal ini dilakukan agar saat mi diaduk bersama bumbu akan menghasilkan cita rasa yang gurih. Ada juga yang menggunakan air sisa dari rebusan telur. 

3. Jangan mengaduk mi instan saat merebusnya

5 Tips Memasak Mie Instan ala Abang-abang Warkop, Caranya Praktis!ilustrasi mengaduk mie instan. (Pexels.com/Katerina Holmes)

Selain itu, abang-abang akan membiarkan mi matang dengan sendirinya. Berbeda dengan kita yang selalu tidak sabar dengan membolak-balik mi, mengaduknya, dan berkali-kali mencicipi untuk memastikan sudah matang atau belum.

Bila ingin meniru teknik merebus abang-abang warkop, biarkan saja mi yang kamu rebus agar lunak dengan sendirinya. Ini akan membuat mi kenyal semakin lama, meski tak langsung dimakan.

Baca Juga: 5 Kreasi Nugget dari Bahan Lokal, Bisa Pakai Mie Instan

4. Kuah yang digunakan merupakan hasil rebusan mi

5 Tips Memasak Mie Instan ala Abang-abang Warkop, Caranya Praktis!ilustrasi mie instan. (Pexels.com/Kampus Production)

Mengganti air rebusan dengan air baru untuk dijadikan kuah adalah langkah besar yang kamu ambil bila menginginkan mi seenak abang-abang warkop. Justru, asam folat pada air rebusan mi yang akan semakin menambah nikmat kuah mi instan kamu. Mulai sekarang coba, deh untuk tak membuang air rebusan mi. 

Tak perlu khawatir masalah kesehatan. Melansir jurnal penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari Monash University, terdapat kurang lebih 96-103 persen asam folat dalam air rebusan, meski mi sudah mengalami berbagai macam proses pemasakan.

5. Tambahkan topping pelengkap favoritmu

5 Tips Memasak Mie Instan ala Abang-abang Warkop, Caranya Praktis!ilustrasi memberi tambahan topping pada mie instan. (Pexels.com/Katerina Holmes)

Kadang, saking buru-burunya kita sampai tak sempat menambahkan topping pada mi instan. Kalau mau membuat mi seperti abang-abang warkop, coba persiapkan pula topping favoritmu.

Kamu bisa menambahkan telur, sawi, cabai, hingga bawang goreng. Dijamin mi instan kamu kini akan senikmat buatan abang-abang warkop, deh. Nikmati selagi hangat, ya!

Ternyata caranya cukup sepele juga, ya. Mumpung lagi sering turun hujan, langsung praktik sendiri di rumah, deh. Nikmatnya bikin kepikiran dan ketagihan banget!

Baca Juga: 10 Kreasi Mi Instan yang Gak Biasa Ini Bikin Heran, Nyeleneh Abis!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya