Comscore Tracker

5 Kreasi Nugget dari Bahan Lokal, Bisa Pakai Mie Instan

Siapa bilang bahan lokal gak bisa jadi makanan modern

Nugget adalah makanan yang biasanya diolah menggunakan daging dibalut dengan tepung roti. Umumnya, keberadaan nugget sering dimanfaatkan sebagai makanan praktis karena tinggal digoreng saja.

Bila kamu sering melihat olahan nugget dengan bahan ayam, sebetulnya hidangan ini juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal yang gampang ditemui di Indonesia, lho. Di antaranya sebagai berikut ini, nih.

1. Nugget tempe

5 Kreasi Nugget dari Bahan Lokal, Bisa Pakai Mie Instanilustrasi nugget tempe (unsplash.com/Stephen Kong)

Tempe menjadi bahan pangan mengandung tinggi protein. Bahan pangan wajib dalam setiap menu makanan sehari-hari ini juga gak kalah enak saat diolah menjadi berbagai kudapan, salah satunya nugget.

Biar rasa nugget tempe lebih enak, biasanya perlu dikukus dan dilumatkan bersama parutan wortel, telur, bawang, terigu, dan penyedap. Balur nugget memakai tepung roti, lalu goreng bila hendak disantap.

2. Nugget nasi

5 Kreasi Nugget dari Bahan Lokal, Bisa Pakai Mie Instanilustrasi nugget nasi (unsplash.com/Tyson)

Nasi bukan lagi sekadar bahan lokal, namun telah melekat sebagai makanan pokok yang selalu hadir mulai dari menu sarapan, makan siang, sampai malam. Di samping itu, nasi ternyata bisa juga dijadikan nugget, lho!

Serunya lagi, kamu bisa menggunakan nasi sisa supaya tidak terbuang percuma. Cukup campurkan bersama telur, tepung, bumbu perasa, serta irisan sayur hijau bila ingin lebih enak. Tinggal balur ke dalam tepung, nugget siap dimasak.

3. Nugget mie

5 Kreasi Nugget dari Bahan Lokal, Bisa Pakai Mie Instanilustrasi nugget mie (unsplash.com/Food Photographer David Fedulov)

Mi instan punya rasa unik yang gak gampang ditemukan pada makanan lain. Maka dari itu, tidak heran kalau bahan masakan praktis ini selalu jadi buruan sebagian besar masyarakat.

Selain dimasak biasa, coba sesekali membuat nugget berbahan dasar mi. Pengolahan dan komposisinya sama dengan yang lain. Namun, mi terlebih dahulu perlu melewati proses perebusan sebelum dicampur dengan bahan lainnya.

Baca Juga: Resep Nugget Tempe, Camilan yang Tak Kalah Enak dari Nugget Daging

4. Nugget tape

5 Kreasi Nugget dari Bahan Lokal, Bisa Pakai Mie Instanilustrasi nugget tape (unsplash.com/Tamanna Rumee)

Nugget gak harus selalu disajikan dalam kondisi asin. Ada beberapa pilihan nugget manis yang cocok buat teman minum kopi atau teh sehari-hari. Bahan yang bisa kamu olah jadi nugget rasa manis adalah tape singkong.

Makanan lokal hasil fermentasi umbi-umbian ini bisa dilumatkan bersama adonan tepung untuk dikukus beberapa saat. Seperti nugget lainnya, adonan ditambahi tepung roti supaya lebih renyah setelah digoreng.

5. Nugget ikan lele

5 Kreasi Nugget dari Bahan Lokal, Bisa Pakai Mie Instanilustrasi nugget ikan lele (unsplash.com/Ed 蔡)

Membuat nugget dari daging ikan sebetulnya tak selalu berasal dari yang mahal. Sebab, komponen yang sering dijumpai di pasar sekalipun, seperti ikan lele, gak kalah sedap untuk dijadikan nugget.

Daging ikan lele harus dibersihkan dan dilumatkan supaya bisa berpadu dengan tepung kanji, wortel, telur, bawang-bawangan, dan bumbu. Biar lebih padat, kukus adonan dan baluri dengan telur dan tepung panir.

Nugget tidak selalu terbuat dari daging ayam. Meskipun hanya mengandalkan bahan lokal, seperti lima kreasi di atas, nugget tetap lezat dan cocok dijadikan stok sebagai masakan sewaktu-waktu.

Baca Juga: 5 Cara Kreasikan Nugget Supaya Tak Mudah Bosan, Gak Cuma Digoreng!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya