Comscore Tracker

4 Ciri-ciri Buah yang Berformalin, Sangat Berbahaya bagi Kesehatan

Awas salah pilih!

Konsumsi buah dan sayur merupakan salah satu bentuk pola hidup sehat. Kandungan buah di dalamnya banyak menyimpan vitamin, mineral, antioksidan dan zat nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Namun sekarang ini banyak ditemukan buah (terutama buah impor) yang tidak layak dikonsumsi karena mengandung berbagai zat berbahaya, salah satunya formalin. Formalin cenderung rentan terkandung pada buah-buah impor seperti apel, jeruk, dan anggur.

Nah berikut 4 tanda buah yang mengandung formalin!

1. Permukaan kulit

4 Ciri-ciri Buah yang Berformalin, Sangat Berbahaya bagi Kesehatanunsplash.com/Natalie Grainger

Permukaan kulit merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam menilai apakah buah mengandung formalin atau tidak. Permukaan bagian kulit buah berformalin biasanya terlihat kencang, mengkilap, dan segar meski telah berbulan-bulan dipanen maupun disimpan di pasaran. 

2. Tangkai buah

4 Ciri-ciri Buah yang Berformalin, Sangat Berbahaya bagi Kesehatanunsplash.com/Maja Petric

Buah yang biasanya dijual dengan bagian tangkainya adalah seperti klengkeng dan anggur. Jika demikian, kamu akan lebih mudah menilai buah berformalin. Jika tangkainya tampak layu, sementara buahnya masih sangat segar kemungkinan mengandung zat kimia berbahaya.

Baca Juga: 5 Khasiat Kranji si Buah Asam Anti Kolesterol, Coba Konsumsi Yuk!

3. Bau dari buah

4 Ciri-ciri Buah yang Berformalin, Sangat Berbahaya bagi Kesehatanunsplash.com/Gliezl Bancal

Selain permukaan kulit dan tangkai, bau juga merupakan salah satu indikator dalam menilai kelayakan buah. Buah yang mengandung formalin baunya berbeda dengan bau asli buah. Bau khas dari buah yang hilang tersebut besar kemungkinannnya karena formalin.

4. Ada tidaknya serangga

4 Ciri-ciri Buah yang Berformalin, Sangat Berbahaya bagi Kesehatanunsplash.com/Davies Designs Studio

Indikator terakhir yang dapat kamu amati dalam menentukan buah berformalin adalah dari ada tidaknya serangga. Buah-buahan berformalin biasanya tidak dikerumuni lalat, semut, maupun lebah.

Nah itulah 4 hal yang perlu kamu tau tentang ciri buah berformalin. Untuk menghindarinya, kamu perlu untuk lebih selektif dalam memilih buah yang akan dikonsumsi serta sangat dianjurkan untuk dicuci sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: 10 Buah-buahan dengan Rasa Asam Namun Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You