Comscore Tracker

Resep Bubur Gunting Khas Singkawang, Makanan Unik yang Wajib Dicoba

Cocok untuk sarapanmu, nih

Apakah kamu pernah mendengar tentang bubur gunting? Dari namanya saja cukup unik, ya. Bubur gunting ini merupakan makanan khas Singkawang, Kalimantan Barat.

Terbuat dari kacang hijau kupas, disajikan dengan cakwe yang dipotong menggunakan gunting. Maka dari itu, makanan ini disebut bubur gunting.

Biasanya bubur gunting dikonsumsi saat sarapan. Buat kamu yang penasaran dengan rasanya, simak resep bubur gunting berikut ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bubur Gunting Khas Singkawang, Makanan Unik yang Wajib DicobaIlustrasi bahan-bahan bubur gunting (youtube.com/happygcl)

Bahan-bahan:

  • 100 gram kacang hijau kupas
  • 100 gram gula pasir
  • 2,5 sdm maizena, larutkan 
  • 1 sdt vanili bubuk 
  • 500 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • cakwe secukupnya 

2. Rebus kacang hijau kupas

Resep Bubur Gunting Khas Singkawang, Makanan Unik yang Wajib DicobaIlustrasi merebus kacang hijau kupas (youtube.com/happygcl)

Panaskan air di dalam panci. Setelah air mendidih, masukkan kacang hijau kupas dan daun pandan. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk. 

3. Tambahkan bahan-bahan lainnya

Resep Bubur Gunting Khas Singkawang, Makanan Unik yang Wajib DicobaIlustrasi memasak bubur gunting khas Singkawang (youtube.com/happygcl)

Tambahkan gula pasir, masak hingga larut. Masukkan larutkan maizena, masak hingga mengental. Setelah itu, masukkan vanili bubuk, aduk hingga tercampur rata. 

Baca Juga: Resep Bubur Ayam Rice Cooker ala Yummy yang Lembut, Caranya Praktis 

4. Masak bubur hingga matang

Resep Bubur Gunting Khas Singkawang, Makanan Unik yang Wajib DicobaIlustrasi bubur gunting khas Singkawang (youtube.com/happygcl)

Masak sambil terus diaduk. Tunggu hingga bubur matang dan mendidih. Setelah matang, matikan kompor, angkat dan pindahkan ke dalam mangkuk saji. 

5. Potong cakwe dengan gunting

Resep Bubur Gunting Khas Singkawang, Makanan Unik yang Wajib DicobaIlustrasi bubur gunting khas Singkawang (instagram.com/fen.z)

Terakhir, ambil cakwe secukupnya, kemudian potong-potong dengan gunting sesuai selera. Setelah selesai, bubur gunting siap disajikan. 

Itulah resep bubur gunting khas Singkawang yang bisa jadi menu sarapanmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Es Bubur Candil Pandan ala Yummy untuk Menu Takjil 

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya