Comscore Tracker

Resep Kue Nagasari Loyang yang Praktis, Teksturnya Lembut dan Kenyal 

Cara ini lebih mudah dan cepat

Nagasari merupakan kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras, santan, dan diisi pisang. Dibungkus daun pisang, lalu dikukus hingga matang. 

Membuat nagasari dianggap cukup ribet, padahal ada cara yang lebih praktis untuk membuatnya. Ternyata nagasari bisa dibuat dalam loyang, lho. 

Cukup menyusun potongan pisang yang ditimpa dengan adonan tepung dan santan. Kemudian, kukus hingga matang, lalu dipotong saat disajikan seperti kue pada umumnya. Kalau kamu tertarik membuatnya, simak resep kue nagasari loyang lebih lengkapnya di bawah berikut ini. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Nagasari Loyang yang Praktis, Teksturnya Lembut dan Kenyal Ilustrasi memotong pisang (pixabay.com/cokolatetnica)

Bahan-bahan:

  • 4 buah pisang raja, potong tipis
  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • 130 gram gula pasir 
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 800 ml santan 
  • minyak secukupnya

2. Buat adonan kue

Resep Kue Nagasari Loyang yang Praktis, Teksturnya Lembut dan Kenyal Ilustrasi adonan kue nagasari loyang (unsplash.com/anetakpawlik)

Campurkan tepung beras, tepung tapioka, gula pasir, garam, dan vanili bubuk. Aduk semuanya hingga merata. Setelah itu, masukkan santan sedikit demi sedikit, sambil dikocok dengan whisker hingga tercampur rata. 

3. Masukkan pisang dan adonan

Resep Kue Nagasari Loyang yang Praktis, Teksturnya Lembut dan Kenyal Ilustrasi membuat kue nagasari loyang (youtube.com/nurislamiyahmuchsin)

Siapkan loyang yang sudah dialasi kerta roti dan diolesi minyak. Letakkan beberapa potongan pisang di dalam loyang, tuang sedikit santan supaya pisang gak mengambang. Kukus selama tujuh menit. 

Baca Juga: Resep Nagasari Labu Kuning, Tetap Enak Meski Dikreasikan

4. Kukus kembali hingga matang

Resep Kue Nagasari Loyang yang Praktis, Teksturnya Lembut dan Kenyal Ilustrasi membuat kue nagasari loyang (youtube.com/nurislamiyahmuchsin)

Setelah itu, tuang kembali adonan santan, lalu kukus kembali selama tujuh menit. Letakkan kembali potongan pisang, lalu tuang sisa santan, kukus selama 30 menit hingga matang. 

5. Kue nagasari loyang siap disajikan

Resep Kue Nagasari Loyang yang Praktis, Teksturnya Lembut dan Kenyal Ilustrasi nagasari loyang (instagram.com/gustiati93)

Setelah matang, angkat dan tunggu hingga kue dingin supaya gak hancur. Setelah itu, keluarkan dari loyang. Kue nagasari loyang siap disajikan. 

Itulah resep kue nagasari loyang yang lebih praktis, lembut, dan kenyal. Jangan lupa potong dulu sebelum disajikan. Selain untuk camilan sehari-hari, kue ini cocok untuk acara spesial di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Nagasari Pandan tanpa Daun Pisang, Sedap dan Bikin Ketagihan

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya