Comscore Tracker

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang Khas Sunda, Rasanya Spesial  

Bikin nambah lauk dan nasi

Buat kamu yang gak bisa makan tanpa sambal, coba bikin sambal khas Sunda ini, yuk! Kali ini ada olahan sambal yang unik, sambal pencok kacang panjang namanya.

Sesuai namanya, sambal ini menggunakan kacang panjang sebagai bahan utamanya. Sensasi pedas dan renyahnya kacang panjang, bisa bikin kamu tambah lauk dan nasi. 

Wajib coba supaya gak bosan dengan jenis sambal yang itu-itu saja. Simak resep sambal pencok kacang panjang berikut ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang Khas Sunda, Rasanya Spesial  Ilustrasi kacang panjang (instagram.com/daliesiangadi123)

Bahan-bahan:

  • 1 ikat kacang panjang
  • 1 saset terasi
  • 15 buah cabai rawit
  • 1 buah cabai merah
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

2. Cuci bersih kacang panjang, potong-potong

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang Khas Sunda, Rasanya Spesial  Ilustrasi memotong kacang panjang (thespruceeats.com)

Siapkan satu ikat atau sekitar lima hingga tujuh batang kacang panjang. Setelah itu, cuci dengan air mengalir, kemudian potong-potong sesuai selera. Sisihkan. 

3. Haluskan beberapa bahan

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang Khas Sunda, Rasanya Spesial  Ilustrasi membuat sambal (youtube.com/ikamardatillah)

Selanjutnya, bakar terasi dengan api kecil hingga berubah warna. Setelah itu, letakkan di dalam cobek, lalu haluskan. Masukkan cabai rawit dan cabai merah, proses hingga halus. 

Baca Juga: Resep Sambal Bongkot Khas Bali, Aromanya Bikin Ngiler Duluan

4. Campur dengan kacang panjang

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang Khas Sunda, Rasanya Spesial  Ilustrasi membuat sambal pencok kacang panjang (youtube.com/ikamardatillah)

Berikutnya, beri garam dan penyedap rasa, kemudian haluskan. Aduk hingga merata. Campur dengan potongan kacang panjang, kemudian ulek kasar. Aduk lagi hingga merata. 

5. Sambal pencok kacang panjang siap disajikan

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang Khas Sunda, Rasanya Spesial  Ilustrasi sambal pencok kacang panjang (instagram.com/xuhaole_kitchen)

Setelah selesai, pindahkan sambal ke dalam wadah. Sambal pencok kacang panjang siap disajikan. Nikmati dengan nasi hangat dan lauk favoritmu. 

Itulah resep sambal pencok kacang panjang yang bisa kamu coba. Untuk meningkatkan rasanya, kamu bisa menambahkan bawang putih dan gula merah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Sambal Terasi Mentah yang Sederhana, Cocok buat Segala Lauk

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya