Comscore Tracker

Resep Bakpia Ubi Ungu Tanpa Oven, Begini Cara Buatnya yang Mudah!

Gak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta, deh

Bakpia menjadi kue khas Yogyakarta yang selalu diburu wisatawan ketika sedang berlibur di sana. Namun, untuk sekadar menikmatinya, kamu sebenarnya tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan rasa yang lebih enak dan praktis.

Salah satu kreasi bakpia yang populer akhir-akhir ini adalah bakpia isi ubi ungu. Rasa manis ubi yang berpadu dengan gurihnya kulit bakpia dijamin bikin semua orang tergoda.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Bakpia Ubi Ungu Tanpa Oven, Begini Cara Buatnya yang Mudah!ilustrasi ubi ungu (freepik.com/dashu83)

Bahan adonan kulit luar:

  • 130 gram terigu segitiga
  • 2 sdm gula pasir butiran halus
  • 25 margarin suhu ruang
  • 40 ml air
  • 1 sdm minyak sayur

Bahan adonan kulit dalam:

  • 60 gram terigu segitiga
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm minyak sayur

Bahan isian:

  • 150 gram ubi ungu
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 80 ml santan kental

2. Buat adonan kulitnya

Resep Bakpia Ubi Ungu Tanpa Oven, Begini Cara Buatnya yang Mudah!ilustrasi membuat adonan (freepik.com/freepik)

Pertama, buat adonan kulit luarnya terlebih dahulu. Campurkan bahan-bahan, seperti tepung terigu, gula, minyak sayur, dan margarin ke dalam wadah. Uleni sambil tuangkan sedikit air, jangan terlalu banyak agar tidak encer, hingga adonan kalis.

Di wadah terpisah, buat adonan kulit dalam. Masukan tepung terigu, margarin, dan minyak sayur. Uleni hingga adonan kulit dalam kalis dan bisa dibentuk. Sisihkan adonan kulit terlebih dahulu.

3. Buat isian ubi ungu

Resep Bakpia Ubi Ungu Tanpa Oven, Begini Cara Buatnya yang Mudah!ilustrasi membuat isian ubi ungu (yt.com/Cooking with Hel)

Kupas dan bersihkan ubi ungu dengan air mengalir hingga kotorannya hilang. Kukus ubi ungu hingga empuk, lalu angkat. Haluskan ubi ungu dengan cara ditumbuk atau diremas-remas.

Setelah dihaluskan, pindahkan ubi ungu halus ke dalam panci. Tambahkan gula, garam, vanili, dan santan. Kemudian, masak dengan api sedang sampai kalis dan bisa dibentuk.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bakpia yang Ternyata dari China, Begini Sejarahnya!

4. Bentuk adonan bakpia dan berikan isian

Resep Bakpia Ubi Ungu Tanpa Oven, Begini Cara Buatnya yang Mudah!ilustrasi membuat bakpia ubi ungu (yt.com/Cooking with Hel)

Buat adonan kulit dan isian menjadi 11 bagian. Bulatkan masing-masing adonan. Untuk membuat bakpia, pipihkan adonan kulit luarnya. Jika sudah, taruh adonan kulit dalam di atasnya dan pipihkan lagi.

Selanjutnya, beri adonan isian di atasnya, lalu bungkus menggunakan adonan kulit hingga tertutup. Ulangi hingga semua adonan bakpia terbentuk.

5. Panggang bakpia di teflon dan sajikan

Resep Bakpia Ubi Ungu Tanpa Oven, Begini Cara Buatnya yang Mudah!ilustrasi bakpia ubi ungu (yt.com/Cooking with Hel)

Panaskan teflon terlebih dahulu. Masukan bakpia dan panggang dengan api kecil selama kurang lebih 10-15 menit sambil dibolak-balik. Jangan lupa untuk menutup teflonnya agar bakpia matang merata, ya!

Jika sudah, angkat bakpia ubi ungu dan sajikan. Bakpia ubi ungu sangat cocok dinikmati ketika pagi dan sore hari sembari minum kopi atau teh.

Sekarang, kamu tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta untuk sekadar menyantap bakpia. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan. Bakpia isi ubi ungu ini lembut dan meleleh di mulut.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Oleh-oleh Bakpia Khas Yogyakarta Paling Populer

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya