Comscore Tracker

Resep Lemper Pisang, Camilan Sederhana dengan Rasa Istimewa

Dijadikan camilan teman minum kopi cocok banget, nih!

Lemper merupakan jajan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Biasanya, lemper berisi irisan daging ayam dengan tambahan abon.

Nah, bagi kamu yang tak terlalu suka lemper bercita rasa gurih, mungkin kamu bisa buat lemper pisang yang cenderung manis. Isian lemper bisa kamu ganti dengan buah pisang.

Untuk membuat lemper pisang, bahan-bahan yang dibutuhkan sama dengan membuat lemper biasa. Bedanya, kamu hanya perlu beberapa potong buah pisang sebagai isiannya.

Resep lemper pisang yang manis dan legit ini bakal membantu proses memasakmu nanti. Coba praktikkan dan rasakan sendiri kelezatannya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Lemper Pisang, Camilan Sederhana dengan Rasa Istimewailustrasi beras (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  • 500 gram beras ketan
  • 500 ml santan
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 4 buah pisang kepok
  • daun pisang secukupnya

2. Kukus beras ketan

Resep Lemper Pisang, Camilan Sederhana dengan Rasa Istimewailustrasi mengukus (pixabay.com/scratsmacker)

Pilih beras ketan dengan kualitas yang baik. Setelah itu, cuci beras ketan hingga bersih. Kemudian, masukan beras ketan ke dalam wadah dan rendam dengan air dingin selama 3 jam.

Jika sudah, segera angkat beras ketan dan tiriskan. Panaskan panci, lalu kukus beras ketan selama kurang lebih 30 menit. Ketika sudah matang, kamu bisa mengangkatnya segera.

3. Masak santan dan ketan bersamaan

Resep Lemper Pisang, Camilan Sederhana dengan Rasa Istimewailustrasi membuat adonan lemper (YouTube.com/Pawon Ndayu)

Tuangkan santan ke dalam panci, lalu tambahkan gula, garam, dan daun pandan yang sudah dipotong sebelumnya. Masak hingga mendidih, lalu pindahkan ke wadah.

Selanjutnya, masukan beras ketan kukus ke dalam larutan santan. Aduk-aduk hingga tercampur serta santan meresap ke dalam ketan. Kemudian, kukus lagi ketan selama 30 menit atau sampai matang.

Baca Juga: Resep Lemper Opor Ayam Legit, Gak Cukup Makan Cuma Satu

4. Bungkus lemper pisang dengan rapat

Resep Lemper Pisang, Camilan Sederhana dengan Rasa Istimewailustrasi membungkus lemper (YouTube.com/Pawon Ndayu)

Potong-potong daun pisang sesuai ukuran lemper yang akan kamu buat. Kemudian, ambil satu lembar dan taruh secukupnya ketan di atasnya. Pastikan tidak terlalu banyak agar mudah saat dibentuk.

Setelah itu, pipihkan ketan dan taruh potongan pisang di atasnya. Gulung dan bungkus lemper sambil padatkan. Semat bagian ujungnya dengan lidi. Ulangi hingga ketan habis.

5. Kukus dan bakar lemper hingga matang

Resep Lemper Pisang, Camilan Sederhana dengan Rasa Istimewailustrasi lemper pisang (YouTube.com/Pawon Ndayu)

Panaskan panci kukusan di atas kompor. Tuang cukup banyak air ke dalamnya dan biarkan hingga mendidih. Kalau sudah, segera tata lemper pisang di dalamnya. Kukus selama kurang lebih 15 menit hingga matang.

Kalau sudah matang, siapkan panggangan dengan bara api. Jika punya oven, kamu bisa menggunakannya. Panggang lemper pisang sampai daun pisang agak kering.

Sajikan lemper pisang sebagai camilan atau teman minum kopi di pagi hari. Rasanya yang manis dan legit juga sangat cocok untuk alternatif sarapan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Resep Lemper Isi Abon, Kreasi Kue Jadul yang Rasanya Bikin Nagih

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya