Comscore Tracker

Resep Lumpia Isi Bihun Ebi yang Gurih, Renyah, dan Murah Meriah

Gak kalah enak kok dengan lumpia isi rebung atau daging

Lumpia merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang sangat terkenal. Lumpia biasanya berisi rebung dan aneka daging cincang. Tapi, ada juga lho lumpia berisi tumisan bihun dan ebi yang gak kalah enaknya.

Selain murah meriah, cara membuat lumpia isi bihun ebi juga sangat mudah lho. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti cara membuatnya. Berikut resep lumpia isi bihun ebi yang gurih dan renyah.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Lumpia Isi Bihun Ebi yang Gurih, Renyah, dan Murah Meriahilustrasi bihun mentah (freepik.com/user21638329)

  • 150 gram bihun kering
  • Kulit lumpia secukupnya
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm ebi, rendam, tumbuk halus
  • 1 sdm kaldu jamur bubuk
  • 1 sdm kaldu ayam bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 150 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

2. Rebus bihun

Resep Lumpia Isi Bihun Ebi yang Gurih, Renyah, dan Murah Meriahilustrasi merebus (freepik.com/valeria_aksakova)

Ada dua pilihan dalam melunakan bihun kering. Yang pertama kamu bisa merebusnya Seperti merebus mie instan, kamu hanya perlu memasukkan bihun ke dalam air mendidi

Lalu untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menyeduh bihun dengan air panas. Setelah teksturnya lunak, angkat dan tiriskan bihun. Sisihkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Membuat Kulit Lumpia Anti Gagal, Hanya Pakai 4 Bahan

3. Masak isian lumpia

Resep Lumpia Isi Bihun Ebi yang Gurih, Renyah, dan Murah Meriahilustrasi membuat lumpia bihun ebi (YouTube.com/atha naufal)

Panaskan minyak secukupnya. Tumis bawang putih sampai aromanya harum. Masukkan ebi, daun bawang, kaldu jamur, merica, dan garam. Aduk-aduk sampai tercampur rata.

Tambahkan bihun, kaldu ayam bubuk, dan 150 ml air bersih. Masak sampai air menyusut dan bumbu meresap. Jika sudah agak kering, angkat dan dinginkan.

4. Buat lumpia

Resep Lumpia Isi Bihun Ebi yang Gurih, Renyah, dan Murah Meriahilustrasi membuat lumpia bihun ebi (YouTube.com/atha naufal)

Selanjutnya, ambil satu lembar kulit lumpia. Taruh isian atau tumisan bihun di atasnya. Lipat lalu gulung kulit lumpia hingga isian terbungkus. Rekatkan ujungnya dengan larutan terigu. Ulangi sampai habis.

Jika sudah, tuangkan minyak goreng ke dalam wajan. Taruh di atas kompor dan nyalakan. Jika minyak sudah panas, masukkan satu per satu lumpia dan goreng hingga berubah warna menjadi golden brown. Angkat dan tiriskan.

5. Sajikan lumpia bihun ebi selagi hangat

Resep Lumpia Isi Bihun Ebi yang Gurih, Renyah, dan Murah Meriahilustrasi lumpia bihun ebi (YouTube.com/atha naufal)

Pindahkan lumpia bihun ebi ke atas piring saji selagi hangat-hangatnya. Sajikan dengan saus sambal, petis, atau cabai rawit hijau.

Nikmati lumpia bihun ebi sebagai camilan nonton TV atau saat sedang minum kopi. Yang pasti, renyahnya kulit lumpia menyatu dengan gurihnya isian bihun dan ebi. Mantap bukan?

Semoga resep lumpia bihun ebi di atas bisa bermanfaat dan menambah referensi memasakmu lagi, ya! Yuk, mari siapkan peralatan dan bahan-bahannya dan mulai memasak!

Baca Juga: 10 Tips Membuat Lumpia Goreng ala Rumahan, Renyahnya Meriah

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya