Comscore Tracker

Resep Kue Chiffon Jambu Biji, Cara Baru Menikmati Buah Satu Ini

Jambu biji jangan cuma diolah jadi jus!

Jambu biji atau dikenal juga dengan nama jambu batu biasanya dinikmati dengan cara mengonsumsi buah secara langsung atau diolah menjadi jus. Buah yang sering direkomendasikan untuk dikonsumsi saat terserang penyakit demam berdarah ini ternyata bisa dikonsumsi dengan cara baru yang tentunya tidak kalah lezat dari sekedar jus jambu biji. 

Kue chiffon jambu biji adalah makanan penutup tradisional Hawaii yang rasanya lezat, teksturnya lembut dan ringan. Penasaran kan gimana caranya membuat kue chiffon jambu biji? Yuk, simak uraian berikut ini!

1. Bahan yang harus disiapkan

Resep Kue Chiffon Jambu Biji, Cara Baru Menikmati Buah Satu Inimybageecha.com

Bahan kue chiffon:

  • 1/4 cup tepung kue
  • 1 1/4 cup gula
  • 1 sdm baking powder
  • 1 sdt garam
  • 1/2 cup minyak sayur
  • 1 cup konsentrat jus jambu beku, dicairkan dan tidak dicairkan
  • 5 kuning telur, sedikit dikocok
  • 2 hingga 3 tetes pewarna makanan merah (jika diinginkan)
  • 8 putih telur, suhu kamar
  • 1/2 sdt krim tartar

Bahan topping:

  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm air
  • 1 1/4 cup konsentrat jus jambu beku, dicairkan dan tidak dicairkan

Bahan glazing:

  • 1 1/2 cup krim kental
  • 1/3 cup gula bubuk
  • 1/2 cup konsentrat jus jambu beku, dicairkan dan tidak dicairkan

2. Cara membuat kue chiffon jambu biji

Resep Kue Chiffon Jambu Biji, Cara Baru Menikmati Buah Satu Inifoodnetwork.com
  1. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 160 derajat celcius. Posisikan rak oven di tengah oven. 
  2. Dalam mangkuk mixer, saring tepung kue, 3/4 gula, baking powder, dan garam. Tambahkan minyak sayur, konsentrat jus jambu biji, kuning telur kocok, dan pewarna makanan (jika diinginkan). Kocok dengan kecepatan sedang sekitar 1 hingga 2 menit atau hanya sampai halus; angkat mangkuk dan sisihkan.
  3. Cuci dan keringkan mangkuk mixer untuk melanjutnya dengan putih telur.
  4. Dalam mangkuk mixer, kocok putih telur dan krim tartar sampai terbentuk puncak-puncak kaku; tambahkan 1/2 gelas gula yang tersisa dan kocok hingga adonan pada tahap soft peak.
  5. Dengan menggunakan spatula karet, lipat perlahan 1/3 campuran kue yang sudah disiapkan ke dalam campuran putih telur. Lipat perlahan campuran kue yang tersisa sampai tercampur namun jangan terlalu tercampur.
  6. Tuang adonan kue menjadi dua putaran pada loyang kue. Panggang 35 hingga 40 menit atau sampai tusuk gigi yang dimasukkan di tengah kue keluar bersih. Jangan buka oven saat proses pemanggangan berlangsung.
  7. Sembari menunggu kue benar-benar dingin di loyang, kamu bisa mempersiapkan topping dan frosting kue.
  8. Angkat dari oven setelah matang dan keluarkan kue dari loyang saat sudang dingin.

Baca Juga: 5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia 

3. Cara membuat topping dan glazing kue

Resep Kue Chiffon Jambu Biji, Cara Baru Menikmati Buah Satu Inimmmjustlovely.wordpress.com

Cara membuat glazing kue:

  1. Dalam mangkuk besar, kocok krim hingga terbentuk puncak yang lembut. Tambahkan gula secara bertahap, kocok hingga puncak kaku terbentuk. Lipat konsentrat jus jambu biji, aduk rata. Simpan di lemari es sampai akan dilapisi ke kue.

Cara membuat topping kue:

  1. Dalam mangkuk kecil, campurkan tepung maizena dan air sampai tepung maizena larut.
  2. Dalam panci kecil dengan api sedang-tinggi, didihkan konsentrat jus jambu biji kemudian kurangi panas menjadi rendah. Tambahkan campuran tepung maizena dan aduk sampai campuran mengental menjadi konsistensi seperti saus. Angkat dari kompor dan biarkan dingin atau sampai hangat-hangat kuku sebelum dilapisi pada kue.

4. Cara penyajian kue chiffon jambu biji

Resep Kue Chiffon Jambu Biji, Cara Baru Menikmati Buah Satu Iniguavarose.com

Kue chiffon yang telah dingin dan ditempatkan pada piring kemudian dibagi menjadi 2 lapisan dengan pisau bergerigi besar untuk disi dengan topping. Olesi setiap lapisan kue secara merata dengan topping sirup jambu biji. 

Ada banyak cara untuk menyajikan atau menghias kue chiffon jambu biji. Kamu bisa menghias kue dengan menutupi seluruh lapisan kue dengan topping dan memberi hiasan potongan jambu biji segar atau dengan teknik glazing. Teknik glazing yaitu melapisi bagian atas kue dengan frosting yang sifatnya mengkilap. 

Untuk menghias kue dengan teknik glazing, pastikan campuran glazing telah dingin dan memiliki tekstur halus. Gunakan spatula karet untuk mengalirkan campuran glazing melintasi permukaan kue kemudian rapikan lapisan glazing. Setelah selesai, tutup kue dan sebaiknya dinginkan sebelum disajikan.

Jika biasanya kue chiffon memiliki rasa pandan, coklat, atau strawberi, maka kue chiffon jambu biji ini unik dan anti-mainstream banget kan? Dijamin deh rasanya bakal bikin kamu ketagihan! Tertarik mencoba resep kue chiffon jambu biji?

Baca Juga: Resep Simple Kue Milky Soft Cheese Cake yang Lezat

Mademoiselle D Photo Community Writer Mademoiselle D

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You