Comscore Tracker

5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia 

Termasuk favoritmu juga gak nih?

Cheesecake merupakan kue yang pada umumnya terbuat dari cream cheese, telur, gula, dan crust dari remahan cookies. Cheese ake dapat dibuat dengan cara dipanggang ataupun tanpa dipanggang dan dapat ditambahkan dengan berbagai topping, mulai dari buah-buahan hingga cokelat.

Bicara soal salah satu kue terfavorit di dunia ini, kira-kira kalian sudah tahu belum tentang sejumlah fakta unik di balik cheesecake

1. Cheesecake sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno

5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia Digventures.com

Sebagian orang mungkin mengira bahwa cheesecake berasal dari Amerika Serikat. Namun faktanya, cheesecake sudah diperkenalkan sejak zaman Yunani kuno oleh seorang dokter bernama Aegimus. Pada waktu itu, ia menulis sebuah buku tentang seni membuat cheesecake. Cheesecake pertama juga dipercaya dibuat di sebuah pulau di Yunani bernama Samos. Cheesecake juga bahkan disajikan bagi para atlet pada Olimpiade pertama di tahun 776 SM untuk menambah energi. 

2. Cheesecake terbesar di dunia memiliki bobot 3129 kg

5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia Thelistlove.com

Pada tanggal 21 September 2013, Philadelphia Cream Cheese berhasil membuat cheesecake terbesar di dunia yang terdiri dari cheese filling dan graham cracker crust berukuran ekstra besar. Cheesecake tersebut memiliki diameter 2.3 meter dan tinggi 80 cm. Luar biasa. 

3. 30 Juli adalah Hari Cheesecake

5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia Tucsonfoodie.com

Di Amerika Serikat, Hari Cheesecake jatuh pada tanggal 30 Juli setiap tahunnya. Pada hari itu, toko-toko cheesecake akan memberikan diskon untuk pembelian cheesecake. 

Lebih detailnya lagi, bahkan sampai ada hari-hari untuk rasa cheesecake tertentu. Misalnya, 6 Maret adalah Hari White Chocolate Cheesecake, 23 April adalah Hari Cherry Cheesecake, dan 26 Mei adalah Hari Blueberry Cheesecake.

Baca Juga: Resep Blueberry Cheesecake, Sajian Dessert yang Nikmat Banget!

4. Tak hanya New York cheesecake, ternyata ada begitu banyak jenis cheesecake lainnya

5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia Kraftcanada.com

Selain New York cheesecake, ada juga Chicago cheesecake yang memiliki tekstur padat di luar namun lembut di dalam. Bagian crust nya juga terbuat dari shortbread yang dihaluskan dan dicampur dengan gula dan mentega. Tak hanya Amerika Serikat, negara-negara lainnya juga memiliki cheesecake versinya tersendiri, seperti Jepang, Australia, Bulgaria, Rusia, dan masih banyak lagi. 

5. Cheesecake termahal di dunia adalah Raffaele Ronca's cheesecake

5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia Cnbc.com

Pada tahun 2017, Chef Raffaele Ronca, pemilik Rafele Ristorante di Manhattan, berhasil membuat cheesecake termahal di dunia, yaitu seharga 5,000 dollar AS atau lebih dari 71 juta Rupiah!

Cheesecake tersebut terbuat dari keju ricotta yang berasal dari susu kerbau, serta white truffle dan Hennessy Paradis cognac (sejenis brandy) berusia 200 tahun asal Alba, Italia. Tak hanya itu, Ronca juga menggunakan vanila Madagaskar dan daun emas. 

Hayo, siapa yang jadi kepengin makan cheesecake?

Baca Juga: Resep Bikin Karamel Cheesecake Kukus, Gak Perlu Mixer dan Oven!

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You