Comscore Tracker

Resep Gampang Strawberry Kulfi, Es Krim Tradisional India yang Lembut

Dijamin bikin nagih!

Terdapat berbagai jenis es krim di seluruh dunia. Salah satunya yaitu kulfi yang merupakan es krim tradisional asal India. Kulfi biasanya menggunakan susu lebih banyak sehingga membuat teksturnya lebih lembut dan creamy. Rasanya pun dijamin bikin ketagihan.

Apa jadinya jika kulfi yang manis dipadukan dengan stroberi. Tentu buah yang identik berwarna merah ini akan menambahkan cita rasa sedikit asam yang segar. Cara membuat strawberry kulfi pun sangatlah gampang. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah dengan menerapkan resep berikut ini.

1. Bahan yang dibutuhkan 

Resep Gampang Strawberry Kulfi, Es Krim Tradisional India yang Lembutilustrasi buah stroberi (pexels.com/Engin Akyurt)

Untuk membuat strawberry kulfi, berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 250 gram buah stroberi
  • 1 sendok gula
  • 1 mangkuk heavy cream
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 2 sendok teh bubuk kapulaga
  • Sejumput garam

2. Haluskan buah stroberi 

Resep Gampang Strawberry Kulfi, Es Krim Tradisional India yang Lembutilustrasi stroberi yang dihaluskan (pexels.com/Malik Skydsgaard)

Langkah pertama, cuci bersih buah stroberi sekaligus buang daun yang masih menempel pada buah. Kemudian potong stroberi hingga berukuran kecil-kecil, Baru masukkan stroberi ke dalam panci. Nyalakan kompor menggunakan api kecil dan panaskan buah stroberi tersebut.

Selagi dipanaskan, aduk secara berkala sekitar lima menit atau sampai stroberi bertekstur seperti selai. Jika sudah, matikan kompor dan dinginkan di suhu ruang. Setelah itu, letakkan di wadah tertutup dan simpan ke dalam freezer selama beberapa jam.

Baca Juga: 5 Ide Mengolah Es Krim Kulfi yang Bisa Disisipi dengan Rempah!

3. Aduk krim menggunakan mixer 

Resep Gampang Strawberry Kulfi, Es Krim Tradisional India yang Lembutilustrasi mengaduk krim (pexels.com/Katerina Holmes)

Masukkan semua heavy cream ke dalam wadah. Kemudian aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sekitar satu menit atau sampai mengembang. Sebenarnya kamu bebas menggunakan krim jenis apa aja tetapi sangat direkomendasikan heavy cream agar tekstur kulfi lebih lembut.

Setelah itu, masukkan stroberi yang sudah dimasak tadi dan susu kental manis. Tambahkan juga bubuk kapulaga, gula, dan sejumput garam. Aduk kembali memakai mixer kurang lebih selama 30 detik atau sampai semua bahan tercampur rata.

4. Bekukan ke dalam freezer 

Resep Gampang Strawberry Kulfi, Es Krim Tradisional India yang Lembutilustrasi gelato stroberi (pexels.com/micheile.com)

Siapkan cetakan popsicle yang dapat dengan mudah kamu beli di pasaran. Kemudian tuang adonan es krim ke dalam cetakan tersebut hingga tidak tersisa. Jangan lupa untuk meletakkan stick di atasnya agar mudah untuk melepaskan es krim dari cetakan. Baru bekukan ke dalam freezer semalaman penuh.

Jika tidak memiliki cetakan popsicle, kamu juga dapat membekukan kulfi menggunakan wadah kontainer. Cukup masukkan semua adonan es krim kemudian tutup rapat wadah tersebut. Baru bekukan di freezer kurang lebih semalam penuh.

5. Tips membuat strawberry kulfi 

Resep Gampang Strawberry Kulfi, Es Krim Tradisional India yang Lembutilustrasi es krim stroberi (freepik.com/freepik)

Pilih buah stroberi yang sudah matang agar rasanya lebih manis. Stroberi yang belum matang sempurna akan membuat es krim terasa lebih masam. Sebaiknya simpan krim ke dalam lemari es sebelum digunakan. Cara ini berguna untuk membuat tekstur kulfi lebih lembut.

Untuk bubuk kapulaga, kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara menghaluskan kapulaga menggunakan penghalus bumbu atau blender. Cukup gunakan dua sendok teh saja agar menambahkan cita rasa India yang khas. Strawberry kulfi pun dapat bertahan kurang lebih selama sebulan jika disimpan secara di wadah yang tertutup rapat.

Nah, ternyata gampang banget bukan resep strawberry kulfi yang lembut dan manis. Es krim ini paling cocok dimakan bersama keluarga terutama saat cuaca sedang panas. Kira-kira kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Resep Sup Roti Khas Eropa, Referensi Sarapan yang Istimewa

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya