Comscore Tracker

Resep Es Teh Stroberi Penghilang Dahaga saat Buka Puasa, Segar! 

Mudah buatnya, lho!

Saat bulan Ramadan seperti ini, kita seringkali disibukkan dengan mencari pilihan menu takjil yang berbeda setiap harinya. Tentu rasanya membosankan jika berbuka dengan minuman yang itu-itu saja misal es teh biasa. Meski menyegarkan, es teh jika diminum setiap hari akan menghilangkan kenikmatannya.

Oleh karena itu, diperlukan kreasi es teh yang cukup unik salah satunya mengombinasikannya dengan buah stroberi. Buah berwarna merah yang rasanya manis dan masam ini akan menciptakan minuman ala-ala kafe yang biasa dijual dengan harga selangit. Padahal cara membuatnya terbilang mudah dengan mengikuti langkah berikut.

1. Bahan yang perlu dipersiapkan 

Resep Es Teh Stroberi Penghilang Dahaga saat Buka Puasa, Segar! ilustrasi bahan es teh stroberi (dok.The Speckled Palate)

Untuk membuat es teh stroberi dengan takaran saji sekitar lima gelas, perlu dipersiapkan bahan-bahan berikut.

Bahan untuk sirup stroberi:

  • 1/2 mangkuk gula putih;
  • 1 1/2 mangkuk buah stroberi;
  • 1 gelas air.
     
    Bahan untuk teh:
  • 5 gelas air;
  • 2 kantong teh hitam celup merek apa saja;
  • 1/2 mangkuk gula putih;
  • 1/8 sendok teh baking soda (opsional);
  • Perasan jeruk lemon (opsional);
  • Es batu secukupnya.

2. Potong buah stroberi 

Resep Es Teh Stroberi Penghilang Dahaga saat Buka Puasa, Segar! ilustrasi memotong stroberi (pexels.com/cottonbro)

Langkah pertama, cuci bersih buah stroberi dan hilangkan tangkainya. Selanjutnya potong-potong agar mudah untuk dibuat sirup. Siapkan saucepan atau wajan lalu tambahkan segelas air, gula putih, dan stroberi yang sudah dipotong-potong. Panaskan di api medium sampai air mendidih.

Berikutnya, kecilkan api dan tunggu sekitar setengah jam atau sampai buah stroberi bertekstur lembek. Aduk-aduk hingga stroberi tercampur dengan air dan menghasilkan sirup berwarna merah. Matikan kompor dan dinginkan sebentar. Lalu, saring untuk memisahkan ampas buah stroberi.

Baca Juga: Resep Es Teh Rasberi yang Menyegarkan, Cocok untuk Berbuka Puasa 

3. Rebus air untuk membuah teh 

Resep Es Teh Stroberi Penghilang Dahaga saat Buka Puasa, Segar! ilustrasi merebus air (pexels.com/Teona Swift)

Nyalakan kembali kompor untuk merebus air hingga mendidih. Tambahkan sejumput baking soda untuk menetralkan teh agar rasanya tidak terlalu pahit. Masukkan dua kantong teh celup ke dalamnya dan biarkan selama 5 sampai 7 menit. Semakin lama maka warna teh akan semakin pekat.

Keluarkan kantong teh celup saat kamu sudah mendapatkan warna teh yang tepat. Berikutnya, tambahkan sekitar 1/2 mangkuk gula putih atau sesuai selera. Kamu dapat menguranginya jika tidak terlalu suka teh yang manis. Kemudian aduk hingga gula larut bersama teh.

4. Campurkan teh dengan sirup stroberi 

Resep Es Teh Stroberi Penghilang Dahaga saat Buka Puasa, Segar! ilustrasi sirup stroberi (dok. The Flour Handprint)

Siapkan teko es berukuran sedang alu masukkan rebusan es teh yang sudah didinginkan. Tambahkan sirup stroberi lalu aduk hingga tercampur rata dan berwarna cokelat kemerahan. Jika rasa es teh stroberi masih terlalu manis, kamu boleh menambahkan perasan jeruk lemon secukupnya.

Simpan ke dalam lemari es sebelum disajikan. Lebih baik jangan menambahkan es batu terlebih dahulu agar tidak berubah rasa. Baru tambahkan es batu ketika es teh stroberi disajikan di dalam gelas dan akan diminum.

5. Lama penyimpanan es teh stroberi 

Resep Es Teh Stroberi Penghilang Dahaga saat Buka Puasa, Segar! ilustrasi es teh stroberi (pexels.com/Jill Burrow)

Strawberry ice tea paling baik jika segera diminum langsung. Tetapi es teh ini sendiri bertahan sekitar satu hari di suhu ruangan setelah dibuat. Jika menyimpannya di kulkas, es teh stroberi dapat bertahan maksimal tiga hari sampai rasanya berubah.

Kunci dari membuat teh yang tepat adalah memperhatikan timing yang pas. Jangan terlalu lama maupun tergesa. Hindari juga menekan kantong teh celup dengan sendok karena dapat membuat rasanya pahit dan meninggalkan ampas teh.

Tidak sulit bukan membuat strawberry ice tea ala kafe kekinian. Minuman yang menyegarkan ini cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Tunggu apa lagi, yuk buat buka puasa besok.

Baca Juga: Resep Es Teh Mangga, Minuman Segar dengan Varian Buah

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya