Comscore Tracker

Cooking 101: Cara Aman Menggoreng Cimol Biar Gak Kecipratan Minyak

Gak usah ribet pakai alat "pelindung" lagi deh!

Menggoreng adalah proses memasak yang paling banyak digunakan dalam mematangkan sebuah makanan. Tidak terkecuali dengan cimol dan olahan "aci" lainnya. Hanya saja, saat menggoreng cimol, cireng, dan camilan lainnya yang terbuat dari bahan dasar aci atau tepung tapioka, mereka sering kali meledak dan menciptakan cipratan minyak panas maha dahsyat.

Cukup untuk membuat kita panik, ketakukan, terkena serangan jantung ringan, dan tentu saja, luka bakar yang membuat kulit kita kemerahan dan perihnya gak seberapa tapi nyiksa banget. Jadi, gak heran kalau beberapa orang memakai alat pelindung berupa helm dan jas hujan saat menggoreng jajanan masa kecil yang melegenda ini.

Daripada pakai alat "pelindung", coba deh terapin 5 hal berikut ini saat menggoreng cimol agar terlihat lebih pro!

1. Perkecil ukuran cimol dan olahan aci lainnya

Cooking 101: Cara Aman Menggoreng Cimol Biar Gak Kecipratan Minyakbasrenglampung.com

Sebagai aksi pencegahan, kamu bisa memulainya dengan memperkecil ukuran cimol, cireng, pempek, otak-otak, dan olahan aci lainnya. Ukuran cimol yang lebih kecil mampu mempercepat proses penggorengan karena lebih cepat matang. Dan tentunya memperkecil risiko terkena cipratan minyak panas. Intinya, mencegah itu lebih baik daripada mengobati, bukan?

2. Goreng dadakan

Cooking 101: Cara Aman Menggoreng Cimol Biar Gak Kecipratan Minyakrenimerdiyani.com

Jika sudah selesai mencetak cimol, langsung goreng! Itu karena suhu adonan cimol yang cenderung hangat tidak jauh berbeda dengan suhu minyak goreng yang sudah dipanaskan. Jadi, adonan cimol akan beradaptasi dengan cepat dan proses penggorengan pun terbebas dari drama cipratan minyak panas.

Baca Juga: 5 Aturan Menggoreng Biar Masak Jadi Lebih Aman, Enak & Sehat

3. Gunakan api kecil

Cooking 101: Cara Aman Menggoreng Cimol Biar Gak Kecipratan Minyakpexels.com/suludandiliyaer

Nah, yang satu ini yang paling penting. Gunakan api kecil saat menggoreng olahan aci. Itu karena suhu minyak goreng yang terlalu panas dapat memicu adonan cimol dan olahan aci lainnya untuk meledak dan menciptakan cipratan minyak panas yang tidak di inginkan.

Jika dari dalam wajan mulai terlihat mengeluarkan asap saat menggoreng cimol, segera matikan kompor. Itu artinya suhu minyak terlalu panas. Tunggu beberapa saat sampai asap dari dalam wajan hilang dan suhu minyak sudah tidak terlalu panas.

4. Aduk-aduk agar matang secara merata

Cooking 101: Cara Aman Menggoreng Cimol Biar Gak Kecipratan Minyakyoutube.com

Coba deh perhatiin kang cimol pas lagi ngegoreng cimol. Betul sekali! Kang cimol akan terus mengaduk-aduk cimol yang sedang digoreng menggunakan spatula dan serokan. Hal itu untuk membuat cimol dapat matang secara merata dan mengembang dengan sempurna. Mengaduk-aduk cimol saat menggoreng juga ampuh untuk mencegah cimol meledak.

5. Gunakan tutup panci (bila perlu)

Cooking 101: Cara Aman Menggoreng Cimol Biar Gak Kecipratan Minyakarticle.pastiseru.com

Kalau kamu masih ragu akibat trauma dengan cipratan minyak, kamu boleh kok menutupnya menggunakan tutup panci. Tapi ingat ya, jangan terlalu lama. Jika terlalu lama dan sering justru akan memicu cimol gosong dan meledak.

Gimana? Gampang banget, kan? Sekarang skill menggoreng cimol kamu pun nggak jauh beda sama abang-abang penjual cimol yang sering mangkal di depan SD.

Baca Juga: Psst, Perhatikan 5 Hal Ini Biar Gorenganmu Renyah Tahan Lama!

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya