Resep Bolu Kopi Panggang yang Aromanya Menggiurkan, Simpel Banget!

Popularitas kopi memang gak ada matinya

Saat ini, banyak banget kedai kopi bermunculan dengan konsep dan sajian beragam. Namun, selain diseduh dan diberi tambahan bahan lain, kopi bisa dinikmati dalam bentuk kue bolu, lho. Kenikmatannya gak perlu diragukan lagi.

Kamu bisa membuat bolu kopi sendiri dengan bahan sederhana. Gak harus dengan bubuk kopi mahal, yang biasa kamu minum pun bisa. Saatnya kamu membuat bolu kopi panggang untuk menemani waktu santai sore hari, nih!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bolu Kopi Panggang yang Aromanya Menggiurkan, Simpel Banget!ilustrasi bubuk kopi (unsplash.com/Elesban Landero Berriozábal)

Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung terigu;
  • 150 gram gula pasir;
  • 100 gram butter, lelehkan;
  • 25 gram tepung maizena;
  • 25 gram bubuk kopi;
  • 4 butir telur;
  • 1 sdt emulsifier; dan
  • 1 sdt baking soda.

2. Lelehkan butter dengan bantuan panci teflon

Resep Bolu Kopi Panggang yang Aromanya Menggiurkan, Simpel Banget!ilustrasi melelehkan mentega (landolakes.com)

Letakkan panci teflon di atas kompor, lalu panaskan sebentar dengan api kecil saja. Kemudian, masukkan semua butter yang dibutuhkan ke dalam panci teflon dan biarkan meleleh. Pastikan jangan sampai butter-nya mendidih. Jika sudah, tuang ke dalam mangkuk.

Selanjutnya, campur telur, gula pasir, dan emulsifier di dalam wadah. Kocok ketiga bahan tersebut dengan bantuan mikser hingga mengental. Pastikan pula teksturnya putih berjejak, ya.

Baca Juga: Resep Bolu Kojo, Kue Basah Khas Palembang yang Lembut

3. Masukkan adonan tepung ke dalam kocokan telur

Resep Bolu Kopi Panggang yang Aromanya Menggiurkan, Simpel Banget!ilustrasi menuang tepung (unsplash.com/Samee Anderson)

Sebelum mencampur tepung dengan kocokan telur, masukkan terlebih dahulu tepung terigu, tepung maizena, dan baking soda ke dalam wadah. Aduk asal saja ketiga bahan tersebut hingga tercampur. Kemudian, ayak hingga halus.

Setelah itu, selagi mengocok adonan telur, masukkan tepung yang sudah diayak secara bertahap ke dalamnya. Aduk terus sampai gak ada tepung yang menggumpal. Kalau terasa berat, kamu bisa mengaduknya dengan spatula saja.

4. Tuang bubuk dan pasta kopi ke adonan

Resep Bolu Kopi Panggang yang Aromanya Menggiurkan, Simpel Banget!ilustrasi adonan kue (unsplash.com/kosmak125)

Kalau tepung sudah tercampur rata dengan adonan telur, saatnya memasukkan pasta dan bubuk kopi. Lakukan secara bergantian sambil terus diaduk menggunakan spatula atau mikser. Aduk hingga warna adonan berubah sedikit kecokelatan.

Berikutnya, tuang lelehan mentega ke dalam adonan kue. Cukup aduk dengan spatula dengan teknik aduk balik supaya adonan mengembang sempurna nantinya. Kalau sudah, diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit, ya.

5. Panggang bolu kopi hingga kecokelatan

Resep Bolu Kopi Panggang yang Aromanya Menggiurkan, Simpel Banget!bolu kopi panggang (instagram.com/itha_jasmine)

Tuang adonan bolu ke dalam loyang yang sudah beralaskan baking paper. Taburi pula dengan sedikit tepung agar gak terlalu lengket. Kemudian, kamu bisa menambahkan cokelat chip atau meses jika suka.

Panggang adonan selama kurang lebih 30—40 menit hingga mengembang dan kecokelatan. Panggang di oven bersuhu 180 derajat celsius. Kalau sudah matang, segera keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong bolu kopi dan nikmati bersama secangkir teh hangat.

Sekarang, kamu bisa menikmati kopi dengan cara berbeda, tapi tetap nikmat dan memanjakan lidah. Bolu kopi panggang ini teksturnya lembut dengan aroma yang khas. Bikin kamu gak berhenti memakannya, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Bolu Tape Singkong Panggang, Sensasi Lembutnya Maknyus!

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya