Comscore Tracker

Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis yang Gampang Dibuat

Renyah di luar, tapi lembut banget di dalam

Camilan bertekstur renyah selalu bikin siapa pun yang memakannya ketagihan. Dari sekian banyak pilihan, kroket kentang menjadi salah satu camilan renyah favorit semua orang. Bukan tanpa alasan, camilan yang terbuat dari kentang ini renyah banget, lho. Satu biji aja gak bakal cukup.

Beruntungnya, membuat kroket kentang bukan hal yang menyulitkan. Bagi pemula sekalipun, bikin camilan satu ini sangat praktis. Cari tahu resep kroket kentang renyah nikmat melalui ulasan berikut ini, yuk!

1. Bahan membuat kroket kentang

Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis yang Gampang Dibuatilustrasi kentang (unsplash.com/eprouzet)

Bahan utama:

  • 500 gram kentang kukus,
  • 400 ml minyak sayur,
  • 1 butir telur yang diambil bagian putihnya saja,
  • 2 sdm susu bubuk,
  • 1 sdm mentega,
  • 1 sdt penyedap, dan
  • 1/2 sdt lada putih bubuk.

Bahan isian:

  • 300 gram wortel,
  • 3 siung bawang merah yang dicincang,
  • 1 siung bawang putih yang dicincang,
  • 1 butir telur,
  • 4 sdm minyak sayur,
  • 1/2 sdt garam, dan
  • 1/4 sdt lada putih bubuk.

2. Tumis bawang bersama cincangan wortel

Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis yang Gampang Dibuatilustrasi menumis bumbu (cookingclassy.com)

Kupas bawang merah dan bawang putih bersamaan hingga bersih. Cincang kedua bawang tersebut hingga halus, lalu masukkan ke dalam wadah. Kemudian, cincang pula wortel yang sudah dikupas kulitnya dan sisihkan ke dalam wadah berbeda.

Selanjutnya, tuang minyak sedikit saja ke dalam wajan dan panaskan. Ketika sudah agak mendidih, tumis bawang merah dan bawang putih. Tambahkan cincangan wortel ke dalamnya, lalu aduk merata. Bumbui tumisan dengan merica dan garam.

Baca Juga: Resep Kroket Kentang Isi Ayam, Camilan Nikmat yang Mengenyangkan

3. Haluskan kentang yang sudah dikukus

Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis yang Gampang Dibuatilustrasi menghaluskan kentang (thespruceeats.com)

Tuang cukup banyak air ke dalam panci, lalu panaskan. Masukkan dan rebus kentang sampai empuk selama kurang lebih 20 menit. Kalau sudah, segera angkat dan tiriskan. Kemudian, jangan lupa untuk mengupas kulit luarnya sebelum dihaluskan.

Setelah itu, potong-potong kentang kukus dan masukkan ke dalam wadah. Selagi hangat, haluskan kentang menggunakan garpu atau masher hingga lembut. Tambahkan susu bubuk, mentega, penyedap, merica, dan telur, lalu aduk semua bahan tersebut hingga merata.

4. Pipihkan kentang, lalu beri isian

Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis yang Gampang Dibuatilustrasi membuat kroket (freepik.com)

Ketika adonan kentang sudah cukup dingin, ambil sebanyak dua sendok makan dan letakkan di atas tangan. Pipihkan secukupnya, lalu isi dengan tumisan wortel sesuai selera, tapi jangan terlalu berlebihan. Kemudian, kepalkan hingga isian tertutup adonan kentang secara maksimal.

Lakukan proses mengepal dan mengisi adonan hingga habis. Jika sudah, lapisi bulatan kroket dengan putih telur, lalu baluri dengan tepung roti atau panir secukupnya. Pastikan seluruh permukaan kroket tertutupi tepung panir agar hasilnya renyah. Jika sudah, sisihkan ke dalam wadah.

5. Goreng kroket kentang hingga kuning keemasan

Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis yang Gampang Dibuatkroket kentang (instagram.com/yukfi_food)

Letakan wajan di atas kompor, lalu tuang cukup banyak minyak ke dalamnya. Panaskan minyak hingga mendidih dan langsung goreng beberapa kroket secara bersamaan. Namun, pastikan tidak terlalu penuh agar tingkat kematangannya maksimal dan merata.

Setelah itu, balik kroket kentang cukup sekali saja sampai masing-masing sisinya berwarna kuning keemasan. Jika sudah, segera angkat dan tiriskan. Sajikan kroket kentang selagi hangat dengan saus sambal dan mayones kesukaanmu.

Kroket kentang bisa kamu jadikan inspirasi camilan renyah selama di rumah. Teksturnya yang menggoyang lidah bakal membuatmu pengin lagi dan lagi, deh. Yuk, langsung dipraktikkan!

Baca Juga: Resep Kroket Kentang Rasa Kari, Paduan Rasanya Bikin Nagih!

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya