Comscore Tracker

5 Tips Membuat Bakso Tak Mudah Hancur dan Anti Gagal

Caranya simpel alias anti ribet

Banyak orang ingin membuat bakso yang kenyal dan padat seperti yang dijual para penjual bakso.Namun sayangnya tidak banyak orang bisa berhasil membuat bakso homemade dengan kualitas penjual pinggir jalan.

Ada cara-cara atau tips tertentu yang perlu diperhatikan ketika mengolah bakso agar tidak gampang hancur atau pecah. Berikut 5 tips membuat bakso yang tidak mudah hancur dananti gagal!

1. Cara mencampur bahan

5 Tips Membuat Bakso Tak Mudah Hancur dan Anti Gagalpexels.com/Angele J

Pastikan perbandingan tepung tapioka dan terigu yang digunakan tidak terbalik atau terlalu banyak satu sama lain. Gunakan perbandingan 4:1 untuk daging giling dan tepung tapioka.

2. Gunakan es batu

5 Tips Membuat Bakso Tak Mudah Hancur dan Anti Gagalpexels.com/pixabay

Setelah mencampurkan daging giling dan tepung tapioka, pastikan memberikan es batu bersamaan dengan bumbu. Atau memasukkan es batu yang telah dihancurkan saat mengaduk daging dengan tepung.

Es batu merupakan bahan penting yang memegang peran besar dalam membentuk tekstur bakso yang padat dan kenyal saat direbus.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan yang Enak dan Kenyal

3. Rendam air hangat

5 Tips Membuat Bakso Tak Mudah Hancur dan Anti Gagalinstagram.com/bakso.miepedia

Setelah tercampur rata, buat bulatan-bulatan bakso dan siapkan wadah besar air hangat. Sambil menunggu panci untuk merebus bakso, masukkan bakso yang sudah dibentuk ke dalam wadah air hangat. Baru setelahnya rebus hingga matang atau hingga bakso mengapung.

4. Bakso lebih kenyal

5 Tips Membuat Bakso Tak Mudah Hancur dan Anti Gagalinstagram.com/almeera_shopbjm

Jika kamu ingin bakso yang kenyal, coba tambahkan bahan pengenyal seperti baking soda atau baking powder, putih telur, dan STP. Ketiga bahan tersebut dapat membuat bakso buatanmu lebih empuk dan kenyal.

5. Siram air es

5 Tips Membuat Bakso Tak Mudah Hancur dan Anti Gagalinstagram.com/umie_syaqqi

Saat bakso sudah matang langsung disiram atau celupkan ke dalam air es. Hal tersebut bertujuan untuk menghentikan proses memasak pada bakso dan air es bertujuan untuk mempertahankan kepadatan bakso. Bakso pun bakal lebih kenyal.

Itulah 5 tips membuat bakso yang tidak mudah hancur dan anti gagal. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Bakso yang Wajib Kamu Coba Saat Singgah di Jogja, Maknyus! 

Fika Faot Photo Community Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You