Comscore Tracker

Resep Ayam Panggang Bumbu Kencur, Dagingnya Empuk dan Juicy

Bumbu kencurnya meresap sempurna!

Ayam panggang sudah bukan lagi menjadi hal baru bagi banyak orang. Hal ini karena memang ayam menjadi bahan makanan yang sangat mudah ditemukan. Namun, penyajiannya tetap dapat dilakukan secara istimewa dengan menggunakan bumbu-bumbu yang tepat, salah satunya kencur.

Pengolahan ayam panggang bumbu kencur ini mampu memberikan cita rasa menarik dan menggugah selera. Jika tertarik untuk membuat di rumah, kamu bisa mencoba resep ayam panggang bumbu kencur berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Ayam Panggang Bumbu Kencur, Dagingnya Empuk dan Juicyilustrasi ayam mentah (unsplash.com/@karyna_panchenko)

Bahan-bahan:

  • 4 potong dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1/2 sdt garam atau secukupnya
  • 1 sdt bumbu kencur
  • 1 sdm kaldu ayam atau secukupnya

2. Bumbui dan panggang ayam sebentar saja

Resep Ayam Panggang Bumbu Kencur, Dagingnya Empuk dan Juicyilustrasi ayam (unsplash.com/@karyna_panchenko)

Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah memanggang ayam sebentar saja. Proses memanggang ini mungkin hanya memakan waktu sekitar 2-3 menit. Cara ini dapat dimulai dengan membumbui ayam terlebih dahulu dengan garam dan lada hitam.

Jika sudah, maka kamu dapat memanggangnya di oven yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian, sisihkan sejenak ayamnya dan jangan dikeluarkan dari loyang agar mempermudah proses pengolahan selanjutnya.

3. Aduk bumbu kencur hingga merata

Resep Ayam Panggang Bumbu Kencur, Dagingnya Empuk dan Juicyilustrasi bumbu (unsplash.com/@ratulghoshr)

Bumbu kencur ini yang nantinya akan menambah cita rasa tersendiri pada menu ayam panggang yang akan dibuat. Pertama, siapkan wadah kecil terlebih dahulu untuk mencampurkan bahan-bahan.

Kamu dapat secara bergantian memasukkan bahan-bahan ke dalam wadah tersebut. Aduklah hingga tercampur secara merata, lalu sisihkan. Jika dirasa bumbunya masih memiliki konsistensi yang belum pas, tuangkan sedikit air untuk menetralkannya.

Baca Juga: Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak, Pedas Manisnya Meresap ke Daging!

4. Panggang kembali daging ayam yang sudah dibumbui

Resep Ayam Panggang Bumbu Kencur, Dagingnya Empuk dan Juicyilustrasi memanggang ayam (unsplash.com/@tjsocoz)

Bumbu kencur yang telah selesai dibuat dapat kamu tuang pada ayam di loyang. Pastikan menuangkannya secara merata agar meresap sempurna. Jika kamu memiliki sarung tangan untuk memasak, maka dapat pula dibantu meratakan bumbunya dengan tangan atau pun menggunakan sendok.

Setelah itu, barulah kamu dapat memanggang kembali ayam ini selama 15 menit. Nantinya, bumbu tersebut akan meresap sempurna ke dalam ayam. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu agar suhunya tak terlalu panas.

5. Sajikan ayam panggang selagi hangat

Resep Ayam Panggang Bumbu Kencur, Dagingnya Empuk dan Juicyilustrasi ayam panggang (unsplash.com/@yuhandu)

Penyajian menu ayam panggang bumbu kencur bisa kamu lakukan setelah loyangnya dikeluarkan dari oven. Jangan sampai kamu menyajikan menu ini saat suhunya masih panas. Diamkan pada suhu ruang terlebih dahulu.

Tidak lupa kamu juga dapat menyajikan menu ini bersama pilihan saus andalan untuk membuatnya memiliki cita rasa lebih lengkap. Kamu bisa menikmati menu ini secara langsung atau sebagai lauk makan dengan sepiring nasi hangat.

Sangat mudah membuat menu ayam panggang bumbu kencur ini. Cita rasanya lezat dan semua bumbunya meresap sempurna. Kelezatannya maksimal!

Baca Juga: Resep Ayam Kampung Panggang Selimut, Cocok Dimakan dengan Sambal

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya