Comscore Tracker

Resep Pancake Isi Jagung yang Super Mudah, Bisa untuk Sarapan, nih!

Yuk, sajikan ini untuk menu sarapanmu

Pancake atau panekuk merupakan suatu olahan lezat yang memang cukup umum dibuat di rumah. Sajian ini sebetulnya merupakan menu sederhana dengan adonan tertentu dan biasanya menggunakan beragam bahan pelengkap dalam penyajiannya.

Ada yang menyajikan pancake dengan cita rasa manis, tapi ada pula yang menyajikannya dengan cita rasa gurih sehingga bahan-bahannya bisa berbeda. Salah satu menu yang bisa dicoba adalah sajian pancake jagung yang lezat dan dapat disajikan untuk menu sarapan di rumah. Jika tertarik membuatnya, maka kamu dapat membuatnya dengan resep yang berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Pancake Isi Jagung yang Super Mudah, Bisa untuk Sarapan, nih!ilustrasi jagung manis (unsplash/Phoenix Han)

Sebelum memulai proses pengolahan, kamu dapat terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan penting yang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan mentega unsalted
  • 1 wadah daging sapi atau sosis yang dipotong dadu
  • 1 1/2 wadah jagung yang sudah dipisahkan dari bonggolnya
  • 3 bawang merah iris tipis
  • Garam dan lada hitam secukupnya
  • 1/2 wadah tepung jagung
  • 1 wadah tepung terigu
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 2 sendok makan madu
  • 2 butir telur
  • 1 1/4 wadah susu
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 1/2 wadah keju cheddar (sesuai selera)

2. Menumis daging sapi atau sosis dengan bawang merah dan jagung menggunakan mentega

Resep Pancake Isi Jagung yang Super Mudah, Bisa untuk Sarapan, nih!ilustrasi sosis (pexels.com/Milan)

Proses awal yang perlu kamu lakukan sebelumnya adalah dengan memisakan bahan-bahan untuk menumis dan untuk adonan pancake. Jika sudah, maka kamu dapat memulainya dengan proses penumisan terlebih dahulu.

Proses ini dilakukan dengan melelehkan mentega unsalted dan kemudian menumis bawang merah di dalamnya. Jika sudah, masukan kembali potongan daging sapi atau sosis ke dalam tumisan. Jika sudah, maka kamu dapat menumisnya hingga harum dan matang, lalu sisihkan.

Baca Juga: 5 Resep Pancake dan Cara Membuat Pancake yang Simpel dan Kekinian!

3. Membuat adonan pancake bersama potongan keju cheddar

Resep Pancake Isi Jagung yang Super Mudah, Bisa untuk Sarapan, nih!ilustrasi membuat adonan pancake (pexels.com/Vlada Karpovich)

Selanjutnya, kamu dapat membuat pancake dengan mempersiapkan adonannya terlebih dahulu. Persiapkan satu wadah khusus untuk mencampurkan semua bahan-bahan ke dalamnya.

Jagung dan potongan keju berbentuk dadu pun dapat langsung kamu masukan ke dalam adonan, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan takarannya pas sehingga cita rasanya juga sesuai dengan keinginan.

4. Memanggang pancake pada wajan dengan minyak sayur

Resep Pancake Isi Jagung yang Super Mudah, Bisa untuk Sarapan, nih!ilustrasi memanggang pancake jagung (seriouseats.com)

Siapkan wajan dengan tuangan minyak sayur ke dalamnya. Jangan lupa untuk langsung menuangkan adonan pancake ke dalam wajan tersebut. Tumisan bawang dan daging atau sosis dapat kamu letakkan pada bagian atasnya.

Proses pemanggangan ini dapat dilakukan selama beberapa saat hingga kematangannya pas. Jika sudah, balik adonan dan masak kembali hingga semua bagian matang. Ulangi terus langkah ini hingga semua adonan habis.

5. Sajikan selagi hangat dengan saus

Resep Pancake Isi Jagung yang Super Mudah, Bisa untuk Sarapan, nih!ilustrasi pancake jagung (hungrycouplenyc.com)

Pancake yang sudah selesai sebetulnya dapat langsung kamu sajikan selagi hangat. Proses penyajian ini dilakukan dengan menatanya pada piring saji yang telah disediakan.

Untuk membuat menu ini lebih lengkap lagi, maka tambahkan saus sesuai selera. Kamu juga bisa menyajikannya dengan krim keju jika ingin rasanya lebih gurih, lho.

Ternyata sangat mudah membuat menu pancake jagung, kan? Proses masaknya juga tak kalah simpel. Sajian ini juga cocok menjadi inspirasi menu sarapan di rumah. Yuk, coba buat!

 

Baca Juga: Resep Souffle Pancake Ala Jepang yang Lembut, Pakai 1 Telur Saja!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya