Comscore Tracker

Resep Simpel Waffle Labu Kuning, Inspirasi Menu Sarapan Andalan

Tekstur renyah dengan cita rasa manis yang khas

Sajian waffle merupakan salah satu menu yang kerap dipilih untuk dessert ataupun sarapan. Selain karena memang mudah untuk dibuat, waffle juga bisa dipadukan untuk cita rasa manis ataupun savory.

Ada banyak sekali pilihan menu waffle manis yang bisa dicoba, salah satunya adalah waffle labu kuning. Penambahan labu kuning dalam menu ini dapat memberikan cita rasa yang manis alami dan tekstur yang lembut di dalam, serta renyah di luar. Untuk mencoba membuatnya, kamu dapat menggunakan resep yang satu ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Simpel Waffle Labu Kuning, Inspirasi Menu Sarapan Andalanilustrasi tepung (unsplash.com/@macroman)

Bahan-bahan:

  • 1 1/2 wadah tepung terigu
  • 1 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 wadah brown sugar
  • 1 sdm perasa labu (opsional)
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 1/2 wadah puree labu kuning
  • 3/4 wadah susu
  • 1/4 wadah minyak kanola

2. Membuat adonan kering dari tepung terigu

Resep Simpel Waffle Labu Kuning, Inspirasi Menu Sarapan Andalanilustrasi adonan tepung (myrecipes.com)

Proses awal dapat dimulai dengan cara mencampurkan bahan bahan kering. Untuk proses ini sebaiknya kamu dapat mempersiapkan wadah berukuran medium terlebih dahulu.

Barulah bahan-bahan lain seperti tepung terigu, perasa labu, baking powder, brown sugar, dan garam dapat kamu masukkan ke dalam wadah tersebut. Aduklah hingga semua bahan benar-benar tercampur dengan merata, barulah kamu dapat menyisihkannya.

Baca Juga: Resep Waffle Saus Cokelat yang Fluffy, Cocok untuk Sarapan Pagi, Nih

3. Membuat adonan basah dari puree labu kuning dan mencampurkannya dengan adonan kering

Resep Simpel Waffle Labu Kuning, Inspirasi Menu Sarapan Andalanilustrasi adonan (unsplash.com/@donovan_valdivia)

Setelah selesai membuat adonan kering, kamu dapat beralih untuk mempersiapkan adonan basahnya. Hampir mirip seperti langkah sebelumnya, persiapkan wadah berukuran medium terlebih dahulu agar mempermudah proses pencampurannya.

Masukkan puree labu kuning ke dalam wadah tersebut, kemudian tuangkan susu, telur, dan minyak kanola. Aduklah hingga semuanya tercampur secara merata terlebih dahulu. Barulah kamu dapat memasukkan adonan kering sebelumnya ke dalam adonan basah tersebut dan aduklah kembali semuanya.

4. Memanggang adonan waffle

Resep Simpel Waffle Labu Kuning, Inspirasi Menu Sarapan Andalanilustrasi membuat waffle (pixabay.com/juno1412)

Bila semua adonan telah selesai dibuat, maka kamu dapat selanjutnya memulai proses pemanggangan. Proses ini dapat dilakukan dengan cara mempersiapkan cetakan loyang terlebih dahulu dan tambahkan mentega ke dalamnya, hingga cukup meleleh.

Kamu dapat menuangkan adonan waffle secukupnya ke dalam panggangan dan kemudian memanggangnya selama kurang lebih 5 menit. Ulangi langkah tersebut hingga nantinya semua adonan waffle selesai dipanggang.

5. Menyajikannya selagi hangat dengan berbagai bahan pelengkap

Resep Simpel Waffle Labu Kuning, Inspirasi Menu Sarapan Andalanilustrasi waffle (unsplash.com/@joyfulcaptures)

Selesai proses pemanggangan, tentu kamu dapat langsung menyajikannya. Namun, sebelumnya persiapkan piring saji yang akan digunakan terlebih dahulu. Tatalah waffle-waffle tersebut pada piring saji yang telah disediakan.

Untuk menambah cita rasa dan kelengkapan pada menu waffle ini, maka kamu dapat menambahkan bahan-bahan pelengkap lainnya. Sebut saja seperti es krim, daun mint, hingga labu kuning yang telah dipotong-potong. Sajian ini pun dapat dinikmati selagi hangat.

Membuat menu waffle labu kuning di rumah ternyata memang sangat mudah untuk dicoba. Cita rasa dan kerenyahannya pun seakan tidak kalah dengan sajian waffle di restoran. Tetap bikin ngiler, ya?

Baca Juga: Resep Waffle Okonomiyaki, Menu Savory Simpel untuk Sarapan Pagi!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya