Comscore Tracker

Resep Sup Ikan Tenggiri Kuah Pedas, Cocok Dinikmati dengan Nasi Hangat

Sepiring nasi hangat bakal menambah kenikmatannya, nih

Sup merupakan salah satu sajian populer untuk menu rumahan. Sebab, proses penyajiannya dapat menggunakan aneka komposisi, serta tidak membutuhkan yang lama. Tidak mengherankan ada banyak pilihan menu sup yang dapat disesuaikan dengan selera.

Salah satu sajian sup yang mungkin bisa menjadi inspirasi adalah menu sup ikan tenggiri dengan kuah pedas. Proses pengolahan menu ini tidak sulit, bahkan bisa menjadi inspirasi menu rumahan untuk semua orang. Bila tertarik membuatnya, yuk ikuti resep berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sup Ikan Tenggiri Kuah Pedas, Cocok Dinikmati dengan Nasi Hangatilustrasi ikan tenggiri (unsplash.com/@edouarddognin)

Bahan-bahan:

  • 2 daun bawang iris
  • 1 serai yang diiris tipis
  • 20 gram jahe yang dipotong-potong
  • 1 cabai merah
  • 1 sdm minyak sayur
  • 60 gram pasta asam jawa
  • 500 ml kaldu ikan
  • 2 potong ikan tenggiri berukuran medium yang sudah difillet
  • 1 wadah saus tomat
  • 4 lembar daun mint
  • 28 gram daun ketumbar

2. Menumis bahan-bahan untuk pembuatan bumbu

Resep Sup Ikan Tenggiri Kuah Pedas, Cocok Dinikmati dengan Nasi Hangatilustrasi menumis (unsplash.com/@andrewjoegeorge)

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk membuat sup tenggiri kuah pedas adalah dengan menumis bahan-bahan terlebih dahulu. Proses ini dilakukan dengan menuangkan minyak sayur secukupnya pada wajan, lalu masukkanlah daun bawang, serai, dan jahe ke dalamnya.

Jika aromanya sudah mulai menguar, maka kamu dapat memasukkan saus tomat yang telah dipersiapkan. Nantinya tumisan ini akan memiliki konsistensi yang khas, serta siap untuk diolah bersama bahan lainnya.

Baca Juga: Resep Rolade Ikan Tenggiri yang Kaya Protein, Rasanya Mantul Banget

3. Menambahkan pasta asam jawa dan cabai sesuai selera

Resep Sup Ikan Tenggiri Kuah Pedas, Cocok Dinikmati dengan Nasi Hangatilustrasi mencicipi makanan (pexels.com/gary-barnes)

Tentunya menu sup ini bukan hanya memberikan sensasi yang pedas, tapi juga menawarkan cita rasa segar dan aroma yang harum. Cara ini bisa dilakukan dengan menambahkan kaldu ikan terlebih dahulu ke dalamnya. Pastikan untuk menggunakan kaldu tersebut sesuai dengan takaran.

Kemudian kamu bisa memasukkan pasta asam jawa dan cabai merah sesuai selera. Jika ingin menu ini memiliki cita rasa yang lebih pedas, maka kamu bisa lebih banyak menambahkan cabai ke dalamnya.

4. Meletakan ikan tenggiri dan memasaknya

Resep Sup Ikan Tenggiri Kuah Pedas, Cocok Dinikmati dengan Nasi Hangatilustrasi mkerebus sup (unsplash.com/@pooorliza)

Apabila proses pembuatan kuah pedas sudah selesai, tentu langkah selanjutnya adalah dengan meletakkan ikan tenggiri ke dalamnya. Ikan tenggiri yang dipilih sebaiknya memiliki kesegaran yang baik agar cita rasanya pun segar dan teksturnya tepat.

Kamu juga harus memastikan bahwa ikan tenggiri telah difilet dan dibersihkan dari kotorannya. Barulah kamu dapat meletakkan ikan tenggiri ke dalam wajan. Proses pengolahan ikan tenggiri ini bisa memakan waktu sekitar 10-15 menit. Pastikan untuk menggunakan api medium pada saat proses pemasakannya.

5. Sajikan menu ini selagi hangat

Resep Sup Ikan Tenggiri Kuah Pedas, Cocok Dinikmati dengan Nasi Hangatilustrasi sup ikan (unsplash.com/@__menglong)

Jika proses pemasakan telah selesai, maka kamu dapat langsung mempersiapkan mangkuk saji. Pastikan untuk menuangkan sup dengan hati-hati ke dalam mangkuk saji, sehingga proses penyajiannya dapat berjalan dengan baik.

Kamu juga menambahkan bahan-bahan lain seperti lembaran daun mint dan potongan lemon ke dalam menu ini. Garnish yang ditambahkan tentu dapat memberikan cita rasa yang lebih segar, serta penampilan yang menarik.

Proses pembuatan sup ikan tenggiri kuah pedas tentunya dapat menjadi inspirasi menu rumahan andalan. Kamu bisa menyajikan menu Ini selagi hangat dengan sepiring nasi untuk menambah kelezatannya. Yuk, langsung coba buat di rumah!

Baca Juga: Resep Otak-otak Ikan Tenggiri dan Cara Membuatnya yang Mudah

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya