Comscore Tracker

Resep Tuna Panggang Teriyaki yang Lembut, Bumbunya Meresap!

Perpaduan ikan tuna dengan bumbu yang menggugah selera

Ikan tuna menjadi salah bahan pangan favorit yang kerap dinikmati oleh banyak orang. Hal ini disebabkan memang ada banyak sekali olahan lezat yang dapat dinikmati dengan menggunakan ikan tuna sebagai komposisinya.

Salah satunya adalah memasak ikan tuna dengan bumbu teriyaki. Kenikmatannya pun tak kalah menggugah selera dibandingkan menu lainnya.

Ikan tuna dipanggang bersama bumbu teriyaki hingga meresap. Bisa dibuat dengan mudah, olahan sehat ini wajib kamu coba masak sendiri di rumah.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Tuna Panggang Teriyaki yang Lembut, Bumbunya Meresap!ilustrasi potongan ikan tuna (pixabay.com/@bigtorica)

Bahan-bahan:

  • 1 wadah saus teriyaki
  • 3/4 wadah minyak zaitun
  • 2 sdm bawang putih cincang
  • 1 sdt lada hitam bubuk
  • 2 potong ikan tuna filet

2. Bersihkan ikan tuna terlebih dahulu

Resep Tuna Panggang Teriyaki yang Lembut, Bumbunya Meresap!ilustrasi ikan tuna (pixabay.com/@27707)

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan ikan tuna terlebih dahulu. Jika kamu sudah membeli ikan tuna filet, maka prosesnya akan lebih mudah dilakukan.

Namun, kalau membeli ikan tuna utuh, maka kamu harus membersihkannya terlebih dahulu. Bersihkan ikan tuna dan pastikan irisan dagingnya bebas dari duri yang menempel. Cucilah hingga bersih, lalu sisihkan sejenak.

3. Marinasi daging ikan tuna dengan saus teriyaki

Resep Tuna Panggang Teriyaki yang Lembut, Bumbunya Meresap!ilustrasi memarinasi ikan tuna (pixabay.com/@ReinhardThrainer)

Proses selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencampurkan semua bahan-bahan. Persiapkan wadah cukup besar untuk mencampurkan saus teriyaki, minyak, bawang putih, garam, dan lada hitam. Aduk semua bahan marinasi itu hingga merata.

Setelah itu, potongan ikan tuna dapat kamu pindahkan pada plastik khusus. Masukkan semua bumbu yang telah dipersiapkan sebelumnya. Jika sudah, kamu dapat memulai proses marinasi selama 30 menit atau lebih. Aduk-aduk saus dengan ikan secara merata.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Praktis dengan Ikan Tuna, Enak dan Kaya Manfaat!

4. Panggang ikan tuna di atas grill pan

Resep Tuna Panggang Teriyaki yang Lembut, Bumbunya Meresap!ilustrasi tuna panggang (pixabay.com/@distelAPPArath)

Ikan tuna yang sudah selesai dimarinasi dapat langsung kamu panggang. Namun, pastikan alat panggangnya telah siap. Jika menggunakan alat panggang biasa, kamu bisa gunakan sedikit minyak untuk mengalasinya.

Proses pemanggangan ini akan memakan waktu yang berbeda-beda, tergantung keingingan. Kamu dapat memilih tingkat kematangan rare untuk 3-5 menit pemanggangan, 5-8 menit untuk medium, dan 8-10 untuk well done.

5. Sajikan tuna panggang teriyaki selagi hangat

Resep Tuna Panggang Teriyaki yang Lembut, Bumbunya Meresap!ilustrasi tuna teriyaki (pixabay.com/@ubert)

Jika proses pemanggangan selesai, kamu dapat langsung menyajikannya. Proses penyajian ini dapat dilakukan secara langsung pada piring saji.

Kamu dapat menyajikannya bersama tambahan saus sesuai selera. Selain itu, penyajian dengan mashed potato juga akan semakin menambah cita rasa pada menu ini, lho.

Tentu sangat mudah membuat menu tuna teriyaki yang satu ini, kan? Cita rasanya pun  tak kalah menggugah lezat dan menggugah selera dari olahan ikan tuna lainnya. Meresap sempurna, deh!

Baca Juga: Resep Roti Goreng Isi Tuna, Ide Bekal Makan Siang yang Nikmat

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya