Comscore Tracker

Resep Wajik Ketan Gula Merah, Jajanan Enak buat Acara Spesial

Jajanan ini punya filosofi yang dalam, lho

Wajik merupakan olahan yang dibuat dari campuran beras ketan, gula, dan santan. Setiap acara hajatan di Pulau Jawa, rasanya gak lengkap tanpa kehadiran jajanan satu ini.

Selain rasanya yang nikmat, wajik juga dikenal akan nilai budayanya. Beras ketan lengket yang menjadi bahan baku wajik jadi harapan untuk kedua pengantin agar memiliki hubungan erat dan tidak mudah dipisahkan.

Sedangkan proses pembuatan wajik mengandung filosofi dan doa agar dalam membina rumah tangga pasangan tidak mudah putus asa, senantiasa bekerja sama, dan saling mendukung satu sama lain.

Gak heran kalau banyak orang yang rela membuat jajanan ini sendiri di rumah. Tenang, bahan dan cara membuatnya gak sulit, kok. Kamu bisa melihat resep wajik ketan gula merah berikut ini.

1. Bahan membuat wajik ketan

Resep Wajik Ketan Gula Merah, Jajanan Enak buat Acara Spesialilustrasi beras ketan (unsplash.com/@massimo_adami)

Bahan-bahan:

  • 500 gram beras ketan
  • 200 gram gula aren
  • 50 gram gula pasir
  • 250 ml santan kental
  • 100 ml air
  • 1 sdt garam 
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 lembar daun jeruk purut

2. Rendam beras semalam penuh

Resep Wajik Ketan Gula Merah, Jajanan Enak buat Acara Spesialilustrasi merendam beras ketan (pixabay.com/id/@pezibear)

Pertama, cuci dahulu beras ketan hingga bersih, lalu rendam semalaman penuh. Langkah ini bertujuan agar tekstur ketan menjadi empuk. Jika sudah, tiriskan airnya.

Untuk mengukus, siapkan panci berukuran besar. Kukus beras ketan selama kurang lebih 20 menit. Apabila teksturnya sudah agak matang, matikan apinya dan angkat.

3. Masak santan hingga mendidih

Resep Wajik Ketan Gula Merah, Jajanan Enak buat Acara Spesialilustrasi memasak santan (unsplash.com/@gaellemarcel)

Nyalakan kompor, letakkan panci di atasnya. Untuk hasil lebih pekat dan wangi, pastikan kamu memakai gula aren asli. Masukkan santan, air, gula pasir, gula aren, garam, daun jeruk, dan daun pandan ke dalamnya.

Aduk semua hingga rata, lalu biarkan termasak sampai mendidih. Aduk sesekali santan agar tidak pecah. Kalau sudah mendidih dan harum, segera matikan api dan angkat. Biarkan dingin sebentar.

Baca Juga: Resep Sederhana Wajik Durian, Sajian Jadul yang Aromanya Naikin Selera

4. Masukkan ketan ke dalam panci kukusan

Resep Wajik Ketan Gula Merah, Jajanan Enak buat Acara Spesialilustrasi mengukus ketan (unsplash.com/@uconrad)

Masukkan ketan ke dalam panci berisi santan yang telah direbus. Aduk ketan dan santan merata. Biarkan sekitar 10-15 menit hingga santan meresap ke dalam ketan.

Nyalakan api, letakkan dandang yang sudah berisi air di atasnya. Masukkan ketan hasil rendaman santan ke dandang. Kukus selama 30 menit, hingga tekstur ketan tampak mengkilap atau berminyak seperti tampilan wajik.

5. Angkat dan sajikan wajik

Resep Wajik Ketan Gula Merah, Jajanan Enak buat Acara Spesialilustrasi sajian wajik ketan (instagram.com/@kualihelena)

Angkat panci dari atas kompor, lalu pindahkan wajik ke loyang berukuran lebar. Ratakan wajik dengan cara dipadatkan dengan sedikit ditekan-tekan.

Setelah itu, biarkan hingga suhu wajik dingin. Jika sudah dingin dan mengeras, wajik siap dipotong-potong. Sajikan dengan teh hangat lebih nikmat.

Cita rasa legit nan manis dari kue wajik dijamin akan memanjakan lidah. Selain nikmat, jajanan satu ini juga mengenyangkan perut, lho. Apalagi membuatnya cuma butuh bahan yang simpel saja. Dijamin gampang, deh!

Baca Juga: Resep Bubur Ketan Sederhana yang Legit, Cara Bikinnya Gampang

Firda Widi Astuti Photo Verified Writer Firda Widi Astuti

Tertarik dengan banyak hal. | IG: @firdaus_wa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya