Comscore Tracker

Resep Tumis Pare yang Enak dan Gak Pahit, Bikin Ngiler Sekeluarga!

Tumisan rumahan yang difavoritkan

Tumis pare merupakan masakan sederhana yang bikin nagih. Meskipun rasanya agak pahit gitu, tapi sebagian orang tetap menyukainya, apalagi diolah jadi menu masakan lezat. Namun, mengapa pare rasanya pahit? Sebab, di pare ada kandungan zat quinine yang cukup tinggi sehingga membuat buah atau sayuran jadi memiliki rasa pahit. Zat quinine adalah alkaloid yang bersifat anti peretik (pereda panas), anti malaria, dan juga analgesik (penawar sakit) alami.

Oleh karena itu, pare sering kali dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, pare yang bermanfaat ini, kita coba saja yuk jadikan resep tumisan yang enak dan menggugah selera. Gimana caranya? Simak, ya!

1. Siapkan bahan-bahan untuk memasak tumis pare  

Resep Tumis Pare yang Enak dan Gak Pahit, Bikin Ngiler Sekeluarga!ilustrasi bahan-bahan pare (unsplash.com/Lothar Bodingbauer)

Bahan:

  • 1 kg pare, iris tipis
  • 2 buah cabai hijau besar, iris serong
  • 4 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 10 buah cabai rawit merah, iris serong
  • 10 siung bawang merah, iris
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 2 sdm udang rebon goreng
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt terasi matang
  • Daun salam secukupnya
  • Daun jeruk secukupnya
  • Sereh secukupnya, geprek
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

2. Cara membuat tumis pare yang enak  

Resep Tumis Pare yang Enak dan Gak Pahit, Bikin Ngiler Sekeluarga!ilustrasi pare (unsplash.com/Misty Rose)

Cara membuat tumis pare yang enak dan tidak pahit, lakukan langkah pertamanya, yaitu pemilihan pare yang tepat. Pilihlah pare yang masih muda, kulitnya keras dan tidak bolong-bolong.

Pastikan itu jika ingin membuat makanan yang lezat seperti halnya membuat resep pare ini, dan wajib dilakukan untuk membeli pare atau sayuran apa pun yang masih terjamin kualitasnya. Hal itu akan dapat berpengaruh pada hasil cita rasa masakan nantinya.

Baca Juga: Resep Tumis Pare Kerang, Parenya Crunchy dan Gak Pahit 

3. Bersihkan pare dengan benar dan tepat  

Resep Tumis Pare yang Enak dan Gak Pahit, Bikin Ngiler Sekeluarga!ilustrasi cuci bersih pare (thecolorsofindiancooking.com)

Sesudah menyiapkan pare yang segar, selanjutnya bersihkan pare dengan benar dan tepat. Lakukan dulu pemotongan pare dengan mengirisnya. Setelah itu, masukkan irisan pare ke dalam wadah, lalu taburi dengan garam untuk menghilangkan getahnya.

Remas-remas pare secara perlahan dan merata agar semuanya bersih dari kotorannya. Setelah itu, siram dengan air mendidih, lalu bilas pare sampai bersih. Lakukan step ini sebanyak dua kali agar higienis dari getahnya pare. Bisa juga direndam dalam air garam selama 10 menit. Setelah itu tiriskan.

4. Mengolah pare jadi resep tumisan istimewa  

Resep Tumis Pare yang Enak dan Gak Pahit, Bikin Ngiler Sekeluarga!ilustrasi pare (yummy.co.id)

Setelah pare dibersihkan dengan baik, kini saatnya mengolah pare jadi sajian tumisan yang bikin nagih. Resepnya pun gampang dibuat oleh siapa saja yang ingin memasak tumis pare yang lezat ini. Langkah pertama, goreng dulu pare sampai berwarna kekuningan.

Sehabis itu, tiriskan dan sisihkan pare ke wadah lain. Langkah selanjutnya, tumis bahan bumbu seperti bawang dan terasi hingga harum. Kemudian, masukkan daun salam, daun jeruk, sereh, dan juga irisan cabai. Aduk sampai merata.

5. Sajikan tumis pare sebagai menu lauk yang lezat  

Resep Tumis Pare yang Enak dan Gak Pahit, Bikin Ngiler Sekeluarga!ilustrasi tumis pare (positivelyfilipino.com)

Setelah tumisan bawang serta daun sudah agak harum, tuangkan kecap manis, dan beri tambahan garam serta kaldu bubuk. Aduk rata hingga bumbunya larut. Lalu yang ke terakhir, masukkan pare dan udang rebon ke dalamnya, aduk semuanya dan masak hingga matang.

Jika sudah matang, angkat tumisan pare lalu sajikan ke piring sajian, dan hidangkan sebagai menu lauk yang lezat pakai nasi hangat. Selamat menikmati.

Itu dia resep tumis pare yang enak, sehat, dan citarasa pahitnya berkurang. Langsung saja bikin menu pare ini untuk keluarga di rumah, pasti pada suka!

Baca Juga: Resep Tumis Pare Teri, Begini Cara Mengolahnya biar Gak Pahit

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya